Sukses

Ternyata Texas di Norwegia Diartikan 'Gila'

Sebuah kata dapat berarti sesuatu yang lain di berbagai negara berbeda di dunia, seperti halnya 'Texas' yang berarti gila di Norwegia.

Liputan6.com, Oslo - Sebuah istilah dalam bahasa Norwegia mengundang reaksi beragam di negara bagian Texas, AS-- istilah ‘texas’ dalam bahasa Norwegia berarti ‘gila’.

Bahasa jalanan atau gaul Norwegia ini pada umumnya terdapat dalam kalimat ‘det var helt texas’-- diterjemahkan secara bebas oleh Texas Monthly (20/10/2015), artinya ‘sangat gila’, ‘terlalu gila’, atau ‘gila banget’.

Sejumlah kutipan Tumblr beredar di dunia maya pada pertengahan bulan ini membuktikan bahwa kata itu sudah menjadi bagian yang dapat diterima dalam bahasa Norwegia.

Seperti artikel dari Aviso Nordland pada Maret 2014, yang mengisahkan pengemudi truk yang berjalan ugal-ugalan di wilayah Utara negara tersebut. Kepada media Kepala Polisi Norwegia Knut Danielsen, menggambarkan situasi tersebut 'sangat texas.'

Lalu ada, tabloid Verdens Gang (2102) di mana Henning Berg, manajer sepakbola Blackburn Rovers, menggambarkan suasana pertandingan pada saat itu ‘sangat texas'.

Pengguna Tumblr asal Norwegia kemudian berusaha menjelaskan sejumlah etimologi frasa tersebut dalam postingan pada bulan Mei lalu.

Menurutnya, penyataan itu berkaitan dengan asosiasi. Kata itu menempatkan dalam pikiran suatu keadaan yang kacau balau, seperti ‘barat yang liar’ (wild west) yang memang terkait erat dengan negara bagian Texas. Singkatnya, Texas adalah negeri para koboi, rodeo, dan ‘wild west’.

Kutipan ini berasal dari makalah perkembangan bahasa pada anak, dan menjelaskan bagaimana orang Norwegia mengaitkan suatu negara bagian AS menjadi stereotip:

Uttrykket ”det var helt Texas på bussen i dag” gir lite mening for en som nettopp har lært at Texas er et sted med cowboyer, rodeoer og kveg.

Terjemahan: Ekspresi “Texas sekali di dalam bus hari ini” tak akan berarti banyak bagi seseorang yang baru belajar bahwa Texas adalah lokasi koboi, rodeo, dan ternak.

Istilah ini sudah sudah melekat selama puluhan tahun dan menjelaskan bahwa mitos tentang Texas diartikan oleh negara Skandinavia sebagai, “Texas” = “koboi”, “wild west”= “suasana tidak jelas, asyik, tapi terkadang menakutkan.”

Tak heran jika istilah ini kemudian digunakan untuk menjelaskan sebuah pesta di mana para pengunjung berlompatan dari atap rumah ke dalam kolam renang, pertandingan sepakbola di mana para penggemarnya menjadi tegang, atau bahkan situasi lalu lintas yang bermasalah.

Ternyata “Texas” bisa memiliki macam-macam arti bagi dunia. (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini