Sukses

Hampir Satu Abad, Nenek Ini Gemar Olahraga Angkat Besi

Dalam usianya satu abad kurang enam tahun, Edith Traina berharap bisa angkat 90 kilogram pada usianya yang ke-100.

Liputan6.com, Florida - Usia lanjut merupakan masa-masa penutup dalam rentang hidup manusia. Periode ini dimulai dari umur enam puluh tahun sampai meninggal, ditandai dengan perubahan yang fisik dan psikologis yang semakin memudar.

Menua adalah proses alami yang diikuti dengan penurunan kondisi fisik, psikologis maupun sosial, saling berinteraksi satu sama lain. Namun hal ini tidak berlaku pada seorang nenek asal Florida.  

Edith Traina adalah seorang wanita berusia 94 tahun yang memiliki gairah untuk angkat beban. Dalam usianya satu abad kurang 6 tahun, tidak menghentikannya beraktivitas.

Traina mengungkapkan kepada Fox 13 Tampa dikutip Mashable (17/10/2015), ia mulai olahraga angkat besi dalam usia 91 tahun, setelah dipaksa oleh seorang teman untuk ikut ke gym.

'Dia memaksaku untuk datang ke gym, aku berpikir, 'kenapa tidak?' agar dia tidak terus menggangguku. Namun aku kecanduan,"ungkapnya.

Traina selama ini telah mengikuti sejumlah perlombaan. Dan pada masa mendatang ia berharap untuk bisa mengangkat beban 90 kilogram pada usia 100 tahun nanti. Ia mengungkapkan olahraga yang digeluti sekarang ini baik bagi Kesehatan dan pribadinya.

"Dalam olahraga ini, aku hanya berjalan menuju panggung, angkat, lalu turunkan. Aku mendapat tepukan tangan, baik untuk egoku."

Traina membuat olahraga angkat beban sebagai sesuatu yang mudah, namun sebaliknya, bisa mengakibatkan cidera serius seperti kerusakan jaringan otot, patah tulang, dan dislokasi tulang. Dan bagi seseorang dalam 90-an, resiko tersebut semakin nyata. Traina sekarang ini mengidap penyakit paru-paru, namun hal itu tidak menghentikannya untuk berlatih 3 kali dalam seminggu.

Saksikan aksi Traina melakukan angkat beban di bawah ini. (Rcy)

Baca juga : Dihantui 'Kutukan' Pompeii, Para Turis Kembalikan Artefak Curian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.