Sukses

Gempa 5,9 SR Robohkan Rumah dan Gedung di Argentina

Seorang perempuan tewas akibat gempa dan gambar-gambar yang beredar lewat media sosial menunjukkan beberapa gedung roboh.

Liputan6.com, Salta - Gempa berkekuatan sedang telah merobohkan gedung-gedung dan menewaskan sedikitnya satu orang di Provinsi Salta, Argentina utara.

Badan Survei Geologi Amerika mengatakan pusat gempa berkekuatan 5,9 skala Richter itu sekitar 21 km arah timur dari Kota El Galpon, Argentina. Kedalaman gempa yang terjadi Sabtu pagi waktu setempat itu adalah 8,2 km.

Kantor berita milik pemerintah, Telam, melaporkan bahwa seorang perempuan tewas akibat gempa dan gambar-gambar yang beredar lewat media sosial menunjukkan beberapa gedung roboh.

Sementara Lembaga Pencegahan Seismik Nasional Argentina mengatakan gempa itu dirasakan kuat di Kota Salta, yang berjarak sekitar 120 kilometer dari pusat gempa.

"Rumah runtuh, para keluarga meninggalkan rumah tanpa membawa apa-apa, sekolah juga telah hancur. Kami mendapatkan informasi satu orang tewas," kata Walikota El Galpon, Hector Romero, seperti dikutip Reuters.

"Saat ini seorang wanita dikabarkan tewas dan korban yang terluka sedang dirawat di rumah sakit setempat," kata Wakil Otoritas Pertahanan Sipil, Ernesto Flores kepada kantor berita Telam.

Sebelumnya, negara lain di wilayah Amerika Selatan juga dihantam gempa. Pada bulan September lalu gempa dahsyat berkekuatan 8,3 SR mengguncang wilayah Chile. Gempa itu disusul dengan gelombang tsunami di wilayah pesisir, namun masih berskala kecil. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Argentina merupakan salah satu negara di selatan benua Amerika
    Argentina merupakan salah satu negara di selatan benua Amerika

    Argentina

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

Video Terkini