Sukses

4 Hal yang Bisa Bikin Orang Amerika Takut

Apa yang membuat orang susah tidur di malam hari? Tak ada satu sen pun uang di bank? Atau mungkin serangan zombie yang berkeliaran di kota?

Liputan6.com, Washington DC - Apa yang membuat orang susah tidur di malam hari? Tak ada satu sen pun uang di bank? Atau mungkin serangan zombie yang berkeliaran di kota?

Kalau memiliki ketakutan tersebut, Anda tidak sendiri. Setidaknya, ketakutan itu dirasakan oleh penduduk Amerika Serikat.

Menurut survei yang dilakukan oleh Universitas Chapman tentang 'Ketakutan paling Menghantui 2015', menemukan ternyata orang AS takut akan serangan teroris, senjata biologi, pencurian identitas, hingga... zombie alias mayat berjalan.

Jenis ketakutan yang dipecah menjadi domain yang berbeda, termasuk kejahatan, kecemasan pribadi, kehidupan sehari-hari dan bencana alam. Sebuah sampel dari 1.541 orang dewasa AS yang disurvei tentang berbagai kekhawatiran, mulai dari rasa takut penghakiman atas penampilan mereka hingga khawatir akan serangan nuklir, demikian yang dilansir ABCNews, Jumat (16/10/2015).

Mungkin tidak mengherankan, AS yang kini menjelang pemilihan presiden, ketakutan rakyatnya atas rasa takut korupsi pejabat pemerintah. Sebanyak 58 persen orang merasa 'takut atau sangat takut' dengan kemungkinan itu. Kekhawatiran lain yang termasuk dalam daftar sepuluh adalah cyber-terorisme, pelacakan informasi pribadi, terorisme keruntuhan ekonomi dan perang biologi.

Yang mengherankan adalah ketakutan akan sebuah realitas kehidupan yang tak terelakan yaitu kematian. Ternyata kematian tidak berada di 10 besar.

Sebaliknya, banyak orang takut reptil (33 persen) dan takut berbicara di depan umum (28,4 persen) dibanding persentase orang yang takut mati (21,9 persen).

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa sebagian orang AS ngeri dengan supranatural. 9,7 persen orang memiliki rasa takut yang kuat atas hantu dan 8,5 persen, bisa pingsan kalau bertemu zombie.

Robot juga menakutkan bagi banyak orang. Mereka yang khawatir lebih karena tenaga kerja akan digantikan oleh robot (28,9 persen), kecerdasan buatan (22,2), dan hanya robot-robot itu sendiri (23,9 persen).

Masalah penampilan dan penghakiman juga merupakan mimpi buruk. Gelisah akan penghakiman orang lain berkisar di angka 5.9 persen. Sementara itu, penampilan berpakaian pun berada di 4.2 persen.

Sementara itu 6,8 persen orang ternyata takut badut. Jadi, jika Anda berencana menakut-nakuti orang Halloween ini, kostum zombie bisa dipastikan sebagai pemenangnya, karena akan dianggap menakutkan, mengalahkan badut dan kostum Donald Trump. (Rie/Ein)

Baca juga: 

Kostum Ala Donald Trump Paling Diburu untuk Halloween

Horor 'Zombie' Sopir Taksi di Argentina

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini