Sukses

Pangeran Charles Kunjungi Australia-Selandia Baru November

Kedatangan pasangan penerus tahta Kerajaan Inggris itu akan disambut PM Australia Malcolm Turnbull. Rencananya akan berkunjung 12 hari.

Liputan6.com, Queensland - Putra Mahkota Inggris, Pangeran Charles dan istrinya Camilla, akan melawat ke Australia dan Selandia Baru. Rencananya mereka akan berkunjung selama 12 hari pada November mendatang. 

Pangeran Charles dan Camilla akan berkunjung ke Adelaide, Canberra, Sydney, Albany, dan Perth selama berada di Australia pada 10-15 November.

Kedatangan pasangan penerus tahta Kerajaan Inggris itu akan disambut Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, yang dikenal sebagai pendukung kuat agar Australia berubah menjadi Republik.

Turnbull, yang sebelumnya adalah ketua Gerakan Republik Australia dan pengarang dua buku mengenai masalah tersebut, sudah mengeluarkan pernyataan bahwa dia akan menyambut baik kedatangan anggota keluarga kerajaan Inggris tersebut -- yang secara resmi masih menjadi kepala negara Australia.

"Lucy dan saya akan menyambut baik kedatangan Pangeran dan istrinya," kata Turnbull seperti dikutip dari ABC.net.au, Rabu (14/10/2015).

Sebelumnya, Turnbull pernah memberikan komentar mengenai keluarga kerajaan Inggris yang disebutnya sebagai 'selebriti', dan pengaruh mereka tidak cukup kuat untuk dipertahankan sebagai kepala negara Australia. Ia juga mengkritik referendum yang gagal di tahun 1999 untuk menjadikan Australia republik.

Kunjungan keluarga kerajaan ini kurang dari 2 bulan setelah mantan Menteri Perbendaharaan Negara (Treasurer) Australia Joe Hockey -- yang juga teman dekat Turnbull - membentuk Kelompok Persahabatan Parlemen untuk menghidupkan kembali debat mengenai apakah Australia harus menjadi republik.

Dalam kunjungan tersebut, Pangeran Charles dan Camilla yang mendapat gelar Duchess of Cornwall akan menghadiri upacara 100 tahun pendaratan tentara Australia di Gallipoli (Turki), dengan berkunjung ke Pusat Anzac Nasional di Albany (NSW).

Keduanya juga akan berkunjung ke Kota Tanunda di Australia Selatan, di mana anggota keluarga kerajaan tersebut akan bisa merasakan kehidupan di wilayah pedesaan Australia.

Selain itu, Pangeran Charles dijadwalkan merayakan ulang tahunnya yang ke-67 pada 14 November, dengan menghadiri acara BBC di Pantai Cottesloe (Australia Barat) bersama warga Australia lainnya.

Ini adalah kunjungan Pangeran Charles ke-15 kalinya ke Australia dan ke sembilan ke Selandia Baru. (Tnt/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini