Sukses

A la vie! Cara Italia Peringati Perang Dunia I

A la vie atau berarti rayakan kehidupan membawa pesan perdamaian bagi seluruh generasi muda.

Liputan6.com, Jakarta Kedutaan Besar Italia bersama Pusat Kebudayaan Italia di Jakarta punya cara unik dalam memperingati Perang Dunia I. Peristiwa bersejarah ini dirayakan dengan menggelar pertunjukan berjudul A la vie!

A la vie yang berarti merayakan kehidupan. Menurut, Direktur Pusat Kebudayaan Italia, Michela Linda Magri, kepada Liputan6.com mengatakan pertunjukan ini membawa pesan perdamaian kepada para generasi muda. 

Pagelaran tersebut merupakan kaloborasi beberapa kesenian yaitu nyanyian, konser piano, tarian dan pertunjukan slide show foto. Seluruh pertunjukan di A la vie! dibawakan langsung oleh duet asal Negeri Pizza, Duo Alterno yang terdiri dari Riccardo Piacentini (komposer-pianis) dan Tiziana Scandaletti (soprano).

Dalam pertunjukan A la vie!, Duo Alterno benar-benar mengemas acara dengan menampilkan penampilan terbaiknya. Mereka membuka pegelaran dengan tarian yang diiringi musik tanggo zaman perang.

Setelah menari, suara musik kamar khas Italia yang dikomposisi oleh seorang asal Venesia, Gian Francesco Malipiero, berjudul I Sonetti delle Fate (Soneta Para Peri) dibawakan secara berkelas oleh Dua Alterno.

Pertunjukan yang dibagi ke dalam 5 bagian ini pun ditampilkan dengan sempurna oleh duo asal Turin. Sepanjang acara, konser intim yang dilaksanakan di auditorium Pusat Kebudayaan Italia mendapat apresisasi baik dari penonton.

Meski hampir semua lagu dibawakan dengan bahasa Italia, hal itu sama sekali tidak menjadi masalah. Penonton yang berasal dari beragam usia terlihat sangat menikmati pertunjukan seni ini.

Pertunjukan ini pun sampai pada puncaknya kala Duo Alterno memainkan mahakarya dari komposer musik kamar di Italia, Francesco Paolo Tosti, Consolazione. Lagu yang ditulis di tengah perang sebelum ibu dari Tosti wafat menjadi penutup apik yang membuat para penonton terus berdecak kagum atas aksi dari Piacentini dan Scandaletti.

(Rie/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini