Sukses

'Origami Mobil' Ciptaan Lexus dapat Melaju di Jalan Raya

Diciptakan tiruan mobil sedan Lexus dari kertas kardus. Menariknya, walau menggunakan bahan tersebut. Mobil bisa dikendarai.

Liputan6.com, Birmingham - Mobil dari kardus, terdengar seperti prakarya tangan semasa sekolah. Namun, tiruan mobil sedan Lexus yang dibuat oleh perusahaan mobil Jepang tersebut, bukan hanya memiliki ukuran sesuai dengan model asli, namun juga bisa berfungsi selayaknya mobil sungguhan.

Replika 'mobil origami' ini disusun dari 1,700 potongan kertas kardus. Dibangun di London oleh lima tim desainer dan desainer profesional yang andal, dari berbagai perusahaan spesialis Laser Cut Works dan Scales & Models.

Lexus menciptakan replika salah satu model mobil sedannya. (foto: CNN)

"Perlu beberapa kali percobaan untuk menyusun bagian kursi, dan bagian roda perlu banyak penyempurnaan," ungkap Roben Marcos dari Scales & Models pada CNN.

"Setelah mulai terbentuk, kami bisa mengenali bagian mana saja yang perlu perbaikan. Seperti yang lainnya, elemen kesalahan tidak dapat dihindarkan. Namun kami memiliki semua yang diperlukan, sehingga perubahan mudah dilakukan."

Replika 'mobil origami' ini disusun dari 1,700 potongan kertas kardus. (foto: CNN)

Para pemodel menggunakan model 3D dari IS, yang disediakan oleh Lexus. Ini kemudian dibagi ke beberapa bagian mobil. Seperti tubuh utama, dashboard, tempat duduk, dan roda.

Model itu kemudian disalin dalam bentuk dokumen lunak, dan dicetak di kertas kardus setebal 10 mm. Ukuran ini secara teliti dipilih untuk menghasilkan persis 1.700 lembar potongan kardus.

Diperlukan perhatian khusus pada pembangunan bagian kursi penumpang dan roda. (foto: CNN)

Setiap lapisan memiliki referensi masing-masing untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam urutan penyusunan. Dalam waktu tiga bulan, mobil berhasil dirakit dengan tangan.

Diperlukan jumlah dan ukuran tebal kertas kardus secara teliti. (foto: CNN)

Mobil kardus itu kini memiliki replika interior, pintu yang berfungsi, lampu belakang, dan roda yang bisa berputar. Mesin motor dipasang di bagian kerangka baja dan aluminium. Sehingga mobil bisa melaju.

Perlu beberapa kali coba-coba dan gagal dalam pembangunannya. (foto: CNN)

Mobil akan dipertunjukkan di Grand Designs Live Show pameran konsumer di Birmingham, Inggris dari 8 - 11 Oktober 2015. (Ikr/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.