Sukses

Meski Dihantui Horor, Mereka Tetap Kembali ke Rumahnya

Namun, bagaimanapun, Kota Naraha Perfektur Fukushima adalah rumah bagi mereka.

Liputan6.com, Naraha - Lebih dari empat setengah tahun lalu setelah tsunami besar membuat reaktor nuklir Fukushima Daiichi bocor. Kini, setelah waktu berlalu, Pemerintah Jepang mengatakan bahwa lokasi itu sudah aman untuk dihuni kembali.

Ruang tamu milik Kohei dan Tomoko Yamauchi di Naraha dipenuhi berbagai memorabilia Jepang masa lalu. Di atas lantai tikar tatami, sebuah rak dipenuhi dengan deretan boneka kokeshi; di satu sisi tembok terpampang layar besar tokoh Daruma, pertanda keberuntungan bagi masyakarat tradisinonal Jepang. Leluhur Tomoko dibingkai foto hitam-putih yang dipasang di dinding.

Sulit untuk membayangkan rumah yang lebih rapi. Namun selama empat setengah tahun, rumah Yamauchi, bersama dengan setiap rumah lainnya di kota indah di Prefektur Fukushima, itu kosong.

Kisah Kembalinya Penduduk Fukushima Meski Dihantui Horor Kanker (The Guardian)

Pada 12 Maret 2011, warga Naraha diberitahu untuk mengungsi segera. Sehari sebelumnya, pantai utara, timur Jepang telah terguncang oleh salah satu gempa bumi paling kuat dalam sejarah.

Gempa memicu gelombang setinggi 14 meter tsunami  menewaskan hampir 19.000 orang memicu krisis di tiga pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi .

Keluarga Yamauhci harus mengalami dua kali cobaan hidup. Sudahlah gempa, reaktor nuklir yang berada di 19 kilometer utara rumahnya pun bocor.

"Anak-anakku tidak pernah mengatakan kepada kami untuk kembali ke tempat ini," kata Kohei, salah satu dari sejumlah kecil warga yang kembali ke Naraha bulan lalu. Ia menjadi salah satu komunitas yang terkontaminasi radiasi pertama yang datang kembali ke Prefektur Fukushima setelah tempat itu dinyatakan aman untuk tempat tinggal manusia.

Pusing karena harus bergerak dari satu rumah ke rumah sementara yang lain, selama enam kali sejak bencana - melebihi keprihatinan apapun yang mereka miliki tentang radiasi.

"Kami terlalu tua untuk khawatir kanker dari paparan radiasi. Aku berharap banyak orang yang lebih tua akan kembali, tapi tidak dengan anak-anak atau cucu mereka. Akan sulit untuk membesarkan anak-anak di sini." kata Yamauchi kepada The Guardian, Senin (12/10/2015).

Para pejabat di Naraha menghadapi kenyataan bahwa hampir lima tahun dari krisis nuklir, banyak warga kotanya yang berhasil memulai hidup di kota lain, termasuk ribuan orang yang kini tinggal di perumahan sementara atau akomodasi swasta di kota terdekat Iwaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Naraha Kota Percontohan Setelah Radiasi Hinggapi Fukushima

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyebut Naraha sebagai mercusuar harapan bagi sekitar 70.000 warga Fukushima lain yang belum bisa kembali ke rumahnya.

Hanya 200-300 orang telah kembali sejak bulan lalu - termasuk dua anak - menurut pejabat setempat.

Kebanyakan dari mereka yang telah memutuskan untuk pulang ke rumah adalah pensiunan.

Sebuah bangunan yang diperuntukan untuk pasar dan restoran sedang dibangun di pusat Naraha.

Jalan yang rusak akibat gempa masih ditutup untuk lalu lintas. Para pekerja sedang menyelesaikan gedung sekolah baru, meskipun tidak dijadwalkan untuk dibuka hingga musim semi 2017. Bahkan kemudian, tidak ada jaminan akan ada anak-anak untuk diajar.

Rumah kayu besar berdiri kosong, jendela terbingkai oleh pita tebal untuk mencegah pencuri. Gulma menyodok melalui halaman depan aspal dari stasiun bensin bobrok, dan di luar stasiun kereta api lokal, di mana kereta mulai berjalan pada bulan Juni tahun lalu, puluhan sepeda berkarat ditinggalkan.

"Tujuan kami adalah untuk semua orang datang kembali, tetapi tidak ada waktu yang pasti," kata Yusuke Igari, salah satu 80 pejabat lokal yang telah mempersiapkan kembalinya warga Naraha.

"Beberapa orang mungkin menunggu lima atau 10 tahun, atau bahkan lebih lama."

"Kami ingin menjadi model pemulihan untuk kota-kota dan desa-desa lainnya. Jika kami tidak bisa mendapatkan orang untuk melanjutkan kehidupan mereka di sini, maka masyarakat lain tidak akan akan mengambil kesempatan. Kami merasa rasa tanggung jawab tentang itu. "

3 dari 4 halaman

Naraha Kota Hantu Setelah Reaktor Fukushima Bocor

"Boleh dikata, ini adalah kota hantu" kata Seijun Watanabe, yang tinggal Iwaki ke Naraha untuk bekerja di sebuah restoran. "Anda melihat banyak orang berkerumun di sekitarnya, tapi mereka semua pekerja konstruksi, bukan orang yang aku kenal dan tinggal bersama sebelum bencana."

Rumah Watanabe rusak akibat gempa, kini dibanjiri oleh hewan selama empat setengah tahun itu, berdiri kosong. "Rumahku penuh kotoran hewan, tidak ada yang bisa tinggal di sana," kata pria berusia 56 tahun. "Aku dan istri berencana untuk menghancurkannya, membangun kembali di tanah yang sama dan kembali dalam lima atau 10 tahun."

"Tidak mungkin untuk mengetahui apa yang terjadi di masa depan, tapi aku berpikir tempat ini tidak akan pernah sama lagi. Banyak warga di usia 70an dan 80an - tidak ada yang berusia 30an dan 40an, terutama orang tua yang memiliki anak-anak, tertarik datang kembali. Banyak hal indah di sini, tapi hidup benar-benar tidak nyaman. "

Shimpei Koizumi adalah salah satu dari sedikit orang yang bisa membayangkan hidup untuk keluarganya di Naraha.

"Ibu dan dan putriku memohon kepadaku untuk memperbaiki rumah karena mereka sangat ingin untuk kembali, tetapi aku tidak mampu untuk membayar orang lain untuk melakukannya," kata tukang kayu berusia 65 tahun, yang baru saja selesai mengganti genteng yang rusak akibat gempa.

Tapi Koizumi, yang tinggal di perumahan sementara di Iwaki, tidak akan bergabung dengan keluarganya. "Aku tidak percaya pemerintah ketika mereka mengatakan air tersebut aman untuk diminum, dan tidak ada toko yang tepat, hanya beberapa toko-toko dan mesin penjual. Dan tidak ada seorang pun di sekitar. Aku lebih suka tinggal di mana sekarang aku berada. "

4 dari 4 halaman

Naraha Bangkit Kembali

Para pejabat mengatakan tugas melelahkan adalah membersihkan tanah yang terkontaminasi di seluruh perumahan , sekolah, toko-toko dan bangunan umum telah selesai. Meskipun ada sekitar 100 rumah tangga telah melaporkan lonjakan radiasi dan meminta pekerjaan untuk segera diselesaikan.

Tingkat rata-rata radiasi atmosfer di kota ini 0,3 microsieverts per jam, atau hanya kurang dari tiga millisieverts (mSv) setahun, menurut laporan resmi. Yang sedikit lebih tinggi dari "ambisi" pemerintah membuat 1 mSv per tahun - target yang oleh para ahli dikritik terlalu rendah. Kebanyakan setuju bahwa risiko kanker meningkat dengan jumlah yang sangat kecil pada dosis di atas 100 millisieverts per tahun.

Bukti mencolok bawah Naraha adalah kecelakaan nuklir terburuk di Jepang terletak di pinggiran kota. Ada 580.000 tas hitam penuh limbah nuklir yang menyelimuti padi petani di situs penyimpanan limbah sementara di Naraha. 

Kisah Kembalinya Penduduk Fukushima Meski Dihantui Horor Kanker (The Guardian)

Dua toko-toko telah dibuka kembali, bersama dengan supermarket dan bank, dan kantor pos setempat akan membuka kembali segera. Bulan depan warga dapat mendiskusikan kesehatan dan keuangan mereka di sebuah pusat kesehatan dan kredit serikat baru.

Pemerintah berharap untuk menarik semua perintah evakuasi kecuali untuk daerah yang paling terkontaminasi. Mereka menawarkan sampai 100.000 yen per rumah tangga untuk kembali.

Di Naraha, seperti dalam sisa Fukushima, masing-masing mempunyai pendapat siapa yang bersalah atas insiden ini. Tak sulit untuk menujuk ke Tepco "Aku tidak berpikir ini adalah kesalahan siapa pun," kata Watanabe.

"Tempat ini menerima banyak uang dari Tepco, yang memungkinkan kita untuk menikmati standar hidup tertentu. Itu berarti kita memiliki lebih banyak uang dan sumber daya dari tempat-tempat lain yang tidak memiliki pembangkit nuklir di dekatnya. "

Yamauchi, yang juga pensiunan petani, keluarganya telah tinggal di rumah yang sama selama tujuh generasi, pun enggan menyalahkan siapa-sapa. Ia hanya lega kembali di antara koleksi kokeshi dan Darumanya.

"Tidak ada gunanya marah atau merasa pahit tentang apa yang terjadi," katanya. "Itu tidak akan mengubah apa pun. Yang harus dilakukan adalah melihat ke depan dan melanjutkan hidup lagi. Kami selalu datang kembali ... karena ini adalah rumah kami." (Rie/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini