Sukses

Terlalu Gendut, Jaguar Gagal Dikawinkan dan Dipulangkan

Penjaganya mengatakan dia lebih tertarik meraih makanan dibandingkan kepada si betina, Kalpana.

Liputan6.com, Kerala - Gara-gara dianggap terlalu gemuk, seekor jaguar yang dipinjamkan ke kebun binatang Delhi, India, untuk dikawinkan dikembalikan.

"Salman yang berusia 12 tahun, dipinjam dari sebuah kebun binatang di Kerala setahun lalu tetapi dia tidak terlihat tertarik terhadap jaguar betina, Kalpana," demikian diberitakan Indian Express yang dikutip dari BBC, Senin (12/10/2015).

Penjaganya mengatakan dia lebih tertarik meraih makanan dibandingkan kepada Kalpana.

"Jaguar betina terlihat berusaha menarik perhatian tetapi dia berbaring di pojok dan menolak bereaksi," kata Riaz Khan.

Kebun binatang Delhi memberi makan 6 kg daging kerbau 1 kali dalam 6 hari seminggu selama musim panas. Salman makan lebih banyak dibandingkan harimau, kata petugas, dan usaha untuk mengurangi berat badan lewat diet ketat tidak berhasil. Ia pun menjadi lebih gemuk.

"Dia pemalas, rakus, dia hanya suka makan dan bersantai," tutur si penjaga itu.

Melepaskannya di tempat yang lebih luas juga tidak membuatnya lebih banyak bergerak atau memicu ketertarikan untuk kawin. Tetapi para pendukung Salman mengatakan 2 jaguar jantan lain di kebun binatang tersebut juga gagal memberikan keturunan kepada Kalpana, karena kemungkinan trauma pemindahan tempat tinggal membuat mereka kelelahan.

Jaguar asli Amerika dan hampir terancam punah menurut International Union for Conservation of Nature.

Awal tahun ini, para ahli di Kebun Binatang Alipore di Kolkata mengatakan, harimau putih di sana juga telah menolak kemajuan si betina meski sudah diberikan vitamin peningkat libido. (Tnt/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.