Sukses

10 Fakta Kunci Tentang Indonesia

Dengan mengetahui informasi-informasi mendasar ini, potret atas Indonesia bisa lumayan utuh.

Liputan6.com, Jakarta - Kesan orang asing atas Indonesia beragam. Beberapa hal yang  membuat takjub mereka, seperti dikutip dari Quora, adalah makanan dan buah-buahan yang dianggap unik, dan kendaraan serta kemacetan Jakarta.

Namun,banyak orang asing melewatkan informasi utama tentang Indonesia. Dengan mengetahui beberapa informasi ini, orang luar bisa melihat Indonesia secara utuh.

Dikutip dari worldette, inilah 10 hal mengenai Indonesia yang harus diketahui oleh orang asing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Geografi

Geografi

1. Indonesia luas

Jika terbang dari ujung ke ujung Indonesia --Sumatera Utara ke Papua Barat, butuh waktu 12 jam. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan total 17.508 pulau dan luas 1.919.440 kilometer persegi. Sebagai perbandingan, luas Inggris hanya 244.820 km persegi.

2. Indonesia terbagi garis khatulistiwa

Garis khatulistiwa memotong lurus di tengah-tengah negara, memisahkan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan berbagai pulau-pulau lain yang lebih kecil.

3. Rumah 150 gunung berapi

Sebagai negara yang terletak di Lingkaran Api Pasifik, Indonesia memiliki sedikitnya 150 gunung berapi aktif di seluruh negeri. Banyak daerah gunung berapi yang menjadi destinasi wisata seperti Gunung Bromo atau Tangkuban Perahu.

4. Kaya hutan hujan

Di pulau padat seperti Jawa atau Bali, turis dan expatriat akan menemukan kota yang dipenuhi bangunan dan jalan beraspal. Namun, Indonesia merupakan negara kedua setelah Brazil dengan tingkat biodiversity tinggi.

Sumber alami berlimpah di Indonesia, namun penggunaannya terbentur masalah seperti kemiskinan dan korupsi. Sedangkan, trek dengan pemandu tersedua di hutan-hutan Kalimantan dan Sumatra.

3 dari 4 halaman

Penduduk

Penduduk

5. Penduduk 238 juta orang

Indonesia merupakan negara paling padat nomor 4 di dunia. Total penduduk 238 juta orang dan pulau Jawa merupakan yang terpadat di dunia.

6. Agama

Dibandingkan negara-negara Barat, agama merupakan aspek penting di Indonesia. Semua penduduk wajib menganut satu dari 6 agama dan kepercayaan yang diakui.

7. Budaya beragam

Ada 300 grup etnis di Indonesia, masing-masing dengan tradisinya sendiri. Ini membuat budaya Indonesia sangat beragam.

8. Bilingual dan multilingual

IBahasa ndonesia merupakan bahasa nasional, yang digunakan di sekolah-sekolah, perusahaan dan media. Indonesia memiliki 700 bahasa daerah. Di banyak sekolah, bahasa daerah setempat masuk dalam kurikumun wajib.

4 dari 4 halaman

Sejarah dan Politik

Sejarah dan Politik

9 Peninggalan tertua

Jasad "Java man", atau Homo Erectus, ditemukan di berbagai situs di sepanjang pulau Jawa, mengindikasikan area tersebut telah berpenghuni sejak dua juta sampai 500 ribu tahun lalu. Sedangkan, fosil pertama tersebut bisa ditemukan di Sangiran, Jawa Tengah.

10. Hari kemerdekaan

Indonesia merupakan negara republik yang dipimpin oleh Presiden. Merdeka sejak 1945, Hari Kemerdekaan dirayakan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Upacara bendera, kompetisi antar tetangga, dan permainan anak-anak merupakan cara merayakannya. (Ikr/Hmb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.