Sukses

Diutus Jokowi, TB Silalahi Cek Pasukan Garuda di Lebanon

TB Silalahi menyambangi Markas Indobatt Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda di Lebanon Selatan.

Liputan6.com, Lebanon Selatan - Utusan Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Timur Tengah, yang tak lain mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Letjen TNI Purn TB Silalahi menyambangi Markas Indobatt (Indonesian Battalion) Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-I/Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) di Lebanon Selatan.

Kedatangan TB Silalahi yang juga penulis cerita 'Toba Dreams' ke Markas Indobatt beberapa waktu lalu, disambut langsung Komandan Kontingen Garuda Unifil 2014-2015 Kolonel Inf Dani Koswara. Dani tampak didampingi Wakil Komandan Sektor Timur Kolonel Kav Yatanabey dan Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Andreas Nanang Dwi P, beserta para perwira staf di UN Posn 7-1 Adchid Al Qusayr, Lebanon Selatan.

"Kunjungan Utusan Khusus Presiden RI itu dalam rangka ingin melihat dan mengetahui secara dekat pelaksanaan tugas Prajurit TNI Kontingen Garuda yang tengah melaksanakan tugas sebagai Peacekeepers dalam misi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) di Lebanon," demikian penjelasan Pusat Penerangan TNI dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (11/10/2015).   

Dalam acara tatap muka dan silaturahmi, TB Silalahi menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan. Ia pun berbagi cerita tentang pengalamannya sewaktu menjadi pasukan perdamaian pada saat setelah terjadinya perang antara Israel dan Mesir tahun 1973.

Para prajurit Kontingen Garuda yang sedang menjalankan tugasnya sebagai Pasukan Perdamaian dan Duta Bangsa di Lebanon, juga diperkenalkan oleh TB Silalahi tentang cerita 'Toba Dreams' yang diangkat menjadi film layar lebar di Indonesia.

Purnawirawan jenderal TNI bintang tiga tersebut juga mengungkapkan ketertarikannya kepada seluruh Peacekeeper, khususnya Kontingen Garuda di bawah komando Kolonel Inf Dani Koswara untuk membuat sebuah cerita tentang bagaimana seorang pasukan perdamaian bertugas.

Dan nantinya menurut TB Silalahi akan diangkat juga ke layar lebar. Tujuannya agar seluruh masyarakat Indonesia mengetahui suka duka prajurit TNI yang harus siap melaksanakan tugas, walau jauh meninggalkan keluarga.

Kunjungan juga diisi dengan menyaksikan film 'Toba Dreams' bersama penulisnya, yang tidak lain adalah seorang mantan pasukan perdamaian dunia. Sungguh merupakan pengalaman berharga bagi seluruh Prajurit Garuda dapat berinteraksi langsung dengan tokoh nasional, sekaligus pelaku sejarah dalam operasi perdamaian dunia. (Ant/Ans/Vra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.