Sukses

2 Penampakan 'Lubang Hitam' Misterius di Dunia

Warga setempat meyakini, bulatan hitam misterius di langit kala itu adalah jejak Unidentified Flying Object (UFO) yang melintas.

Liputan6.com, London - Penduduk di Kazakhstan dan London mendadak heboh karena muncul penampakan menyerupai 'cincin hitam' misterius, di langit tempat tinggal mereka.

Warga setempat meyakini, bulatan hitam misterius di langit kala itu adalah jejak Unidentified Flying Object (UFO) yang melintas.

Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cincin Hitam Kazakhstan

Dalam rekaman video berdurasi 15 menit di Desa Shortandy, 40 km sebelah utara ibukota Astana, lingkaran berwarna hitam itu memang terlihat melayang di langit. Sebelum akhirnya menghilang tanpa jejak secara perlahan.

Berbagai spekulasi tentang fenomena aneh di langit Kazakhstan itu pun bermunculan. Banyak dari warga di sana meyakini bahwa itu adalah bukti adanya kehidupan makhluk di luar Bumi atau ekstrateresterial.

"Terlihat seperti awan hitam. Kami melihatnya di sekitar pukul 16.00 pada 3 April. Lalu hilang seperti asap, tapi tak ada bau sama sekali," ucap warga bernama Oleg Menshikov kepada Today.kz seperti dikutip dari Daily Mail edisi 7 April 2015.

Sementara para pengguna situs sharing video mulai mempertanyakan apakah lingkaran hitam tebal itu memang benar pesawat ruang angkasa yang ditumpangi alien. Sedangkan lainnya menduga itu mungkin hanya asap rokok yang terekam kamera, tetapi disebut-sebut terjadi di langit.

Lainnya berpikir awan itu mungkin fenomena naiknya massa udara hangat yang dikenal sebagai thermal microburst.

Berikut rekamannya:

 

3 dari 3 halaman

Cincin Hitam di London

Dalam video yang beredar, seperti dimuat Daily Mail edisi Sabtu 25 Juli 2015, lubang hitam yang membuat warga heboh lainnya muncul di langit kawasan industri Nottingham, London, Inggris. Tak lama sebuah ledakan di sebuah kawasan industri.

Spekulasi liar pun muncul setelahnya, mulai dari yang logis akibat efek ledakan, sampai dugaan portal antar dimensi atau pintu ke dunia lain, hingga jejak Unidentified Flying Object (UFO), kendaraan para alien.

Dalam video tersebut, penampakan cincin aneh nan misterius terlihat melayang perlahan di atas atap di daerah perumahan.

Berikut ini rekaman selengkapnya:

(Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini