Sukses

Simulasi Bahaya Mengemudi Sambil Gunakan Ponsel Melalui Lego

Hal ini untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa menggunakan telepon genggam selagi mengemudi adalah hal yang buruk.

Liputan6.com, Winchester - Penggunaan telepon genggam selagi mengemudikan kendaraan bermotor mengalihkan perhatian pengemudi dari situasi berkendara. Hal ini tentu saja mengundang risiko kecelakaan lalu lintas yang dapat mengancam keselamatan.

Seorang penemu sekaligus penggemar Lego di Inggris kemudian menggunakan mainan blok-blok tersebut menjadi alat simulasi, untuk menjelaskan kecelakaan yang dapat ditimbulkan akibat pengalihan perhatian selagi mengemudi.

Dikutip dari The West Australian, Sabtu (10/10/2015), Simon Burfield menggunakan Lego Mindstorms guna menciptakan alat simulasi mengemudi untuk menunjukkan kepada para pengguna saat konsentrasi terganggu ketika menjawab panggilan telepon.

Dalam video itu terlihat bahwa alat simulasinya terdiri dari sebuah roda kemudi yang mengendalikan sebuah 'truk' ke kiri dan kanan untuk menghindari sejumlah penghalang di atas jalur Lego. Gerakan jalur itu semakin lama dipercepat.

Saat Simon Burfield menerima panggilan telepon di tengah berkendara dan perhatiannya teralihkan, 'truk' yang dikendalikannya pun menghantam blok Lego yang mendekat.

"Hal ini untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa menggunakan telepon genggam selagi mengemudi adalah hal yang buruk," katanya dalam tayangan itu.

Pria itu kemudian mengunggah rekaman simulasi Lego ciptaannya tersebut ke situs berbagi video, berikut selengkapnya:

(Alx/Tnt)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.