Sukses

5 Kota Terbising di Dunia

Ada kota di mana kau tak bisa mendengar teriakanmu sendiri. Ada kota dengan sejuta pengeras suara

Liputan6.com, Jakarta Suara berisik dianggap bentuk dari polusi. Dan ternyata, polusi suara adalah bentuk tertinggi dari pencemaran di dunia, sekarang ini. 

Urbanisasi telah membawa semua industri bersekutu melakukan seluruh kegiatannya di kota. Sangat tidak mungkin untuk tidak mendengar suara klakson bersahut-sahutan dan hiruk-pikuk kendaraan.Tak terkecuali kota-kota yang dianggap terbaik di dunia.

Suara terutama dihasilkan dari mobil, kereta, kendaraan, sepeda motor dan kegiatan usaha. Indeks dianggap berisik adalah berkisar lebih dari 100 desibel. 

Berikut adalah 5 kota paling paling berisik di dunia seperti dikutip dari IndiaToday, akhir September 2015 lalu. Kota-kota ini yang tidak akan membiarkan telinga istirahat Anda untuk sementara waktu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kairo: Bahkan Kau Tidak Bisa Mendengar Teriakanmu Sendiri

Kota ini dijuluki oleh New York Times, 'bahkan kau tidak bisa mendengar teriakanmu sendiri' adalah adalah kota terbesar dan paling berisik di Afrika dan Timur Tengah. Kebisingan umumnya berasal dari kegiatan komersial, situs konstruksi dan kendaraan. Banyak orang tinggal di Kairo karena merupakan Pusat pekerjaan di Mesir dan Afrika.

Kota dengan 18 juta penduduk diisi dengan pengendara ugal-ugalan dan suara klakson bersahutan.

"Setiap aku berbicara ke orang lain mereka selalu bertanya, 'kenapa kau berteriak?' kata Salah Abdul Hamid, seorang tukang cukur di Kairo. Menurut Daniel Pop ahli akustik dari Inggris kepada The Guardian, Kamis 8 Oktober 2015, suara berisik tidak hanya dihasilkan dari suara kendaraan dan hiruk pikuk orang berbicara. Namun, arsitektur dan disain tata kota Kaior berpengaruh.

3 dari 6 halaman

Tokyo: Sejuta Pengeras Suara

Tokyo adalah kota terpadat di dunia dan kota paling berisik kedua seluruh dunia. Kebisingan kota dihasilkan dari suara konstruksi, pengeras suara, kegiatan komersial dan kehidupan rumah tangga. Pengeras suara menjadi 'hobi' bagi pemerintah lokal, bahkan yang sedang berkampanye. Biasanya, megaphone keliling kota berkeliling di jalan di waktu yang sibuk. 

Ada saja yang mereka umumkan dari pengeras suara. Mulai dari sekedar menyapa  selamat pagi, umumkan keterlambatan kereta, anak pulang sekolah, hingga pengumuman pameran ikebana di tingkat pemukiman. 

5 Kota Terbising di Dunia. Pengeras suara di Tokyo

Tokyo juga pusat pendidikan di Jepang. Sehingga banyak pelajar berada di kota ini untuk tujuan aksesibilitas yang baik untuk semua fasilitas pendidikan.
 
Kota ini juga banyak memiliki tempat wisata, sehingga membuatnya sangat padat dan penuh sesak.

4 dari 6 halaman

New York: The City Never Sleep

New York City adalah kota paling padat di Amerika Utara dan kota paling berisik ketiga dunia. Inilah yang membuat kota ini dijuluki 'The city never sleep'. Kebisingan yang dihasilkan terutama dari taksi, situs konstruksi, alarm mobil, klub malam dan kegiatan komersial, hingga sirene polisi yang bersahut-sahutan.

New York City terkenal dengan kota multi etnis. Hampir seluruh orang-orang dari penjuru dunia dapat ditemui di sini. Selain itu, NYC menjadi salah satu pusat bisnis dan kota penting di dunia.

5 dari 6 halaman

Madrid


Ibukota Spanyol ini menduduki peringkat ke-empat sebagai kota terberisik di dunia. Kebisingan datang dari kehidupan malam yang aktif, musik dari pengeras suara dan kegiatan komersial.

Banyak orang memilih tinggal di Madrid karena merupakan pusat komersial dan administrasi Spanyol, maka lebih mudah untuk mengakses pelayanan publik.


6 dari 6 halaman

Mumbai

Dengan populasi sekitar 13 juta orang, Mumbai memegang peringkat kota berpenduduk terbanyak kelima di dunia. Kebisingan yang dihasilkan karena kendaraan, festival, petasan, pengeras suara dan kendaraan tradisional.

Karena merupakan ibukota komersial India, sejumlah besar orang datang ke kota, untuk tujuan bekerja. Beberapa masalah utama yang dialami di Mumbai termasuk kemacetan, polusi suara, lalu lintas, kekurangan air.

Bagaimana dengan Jakarta? Sampel terakhir yang dilakukan pada April 2015, Ibukota tercinta tidak masuk dalam daftar.

Tapi jangan bangga dulu, menurut Reuters, April 2015, Jakarta berada salah satu kota termacet yang berada di urutan top teratas dari 78 kota di dunia. Bisa jadi, dalam beberapa waktu ke depan, Jakarta akan menjadi salah satu kota terbersik lima besar di dunia. (Rie/Rcy)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.