Sukses

Foto Nyata Planet Mars menjadi Acuan Film 'The Martian'

Foto-foto terkini planet Mars membantu pembuatan film 'The Martian' untuk membuat latar belakang film mirip dengan aslinya.

Liputan6.com, Washington, DC - Film fiksi ilmiah, The Martian, menampilkan suasana daratan planet Mars dengan begitu detail. Ternyata gambaran yang diperlihatkan dalam film itu tak sembarangan.

Badan antariksa NASA baru-baru ini merilis foto permukaan planet merah itu yang diambil oleh wahana tak berawak Mars Reconnaissance Orbiter.

Foto-foto itu diambil dengan bantuan kamera teleskopik sehingga memberikan foto yang terperinci. Sejumlah fotro dengan resolusi tinggi ini telah menjadi acuan dalam pembuatan film The Martian.

Menurut The Guardian, dua lokasi pendaratan misi Ares 3 dan 4 ada dalam film itu, dapat dilihat melalui foto-foto yang dikirim oleh wahana tersebut.

Tempan pendaratan Ares 3 (NASA)

Lokasi pendaratan pertama dikenal dengan nama Acidalia Planitia sementara yang kedua berada di kawah dengan garis tengah 459 kilometer-- dikenal dengan nama Schiaparelli.

Sejumlah lokasi lain dalam film itu juga dapat dilihat dalam gambar-gambar yang diambil kamera resolusi tinggi-- High Resolution Imaging Science Experiment (HiRise).

Dalam film The Martian, pemain utama, Matt Damon berperan sebagai antariksawan NASA bernama, Mark Watney, yang dikisahkan terjebak sendiri di planet itu setelah badai pasir melanda.

Film arahan Ridley Scott ini merujuk kepada novel Amerika Serikat, Andy Weir.

Kebanyakan aktivitas dalam film terjadi di Acidalia Planitia-- sementaradalam buku novelnya lokasi itu dijelaskan sebagai tempat yang “datar dan mudah untuk berjalan-jalan”.

Acidalia Planitia (NASA)

Namun, menurut NASA, kawasan itu sebetulnya jauh lebih berbahaya dan sulit untuk dijelajahi dalam kehidupan nyata. Gambar-gambar di sekitar tempat pendaratan Ares 3 memiliki sejumlah anak bukit dan tebing-tebing yang tinggi. 

Kawasan lain dalam kisah itu, yaitu Arabia Terra, digambarkan sebagai kawasan berbatu walaupun sebenarnya permukaannya cukup rata.

NASA menambahkan, kawasan-kawasan rendah dan datar di planet Mars kerap ditiup oleh angin sehingga menjadi cadas. (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini