Sukses

Helikopter 'Mencuri' Air Untuk Memadamkan Kebakaran

Dalam keadaan darurat kebakaran, ketersediaan air menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Bahkan air kolam renang sekalipun.

Liputan6.com, Malaga - Seorang pilot helikopter pemadam kebakaran mengambil keputusan cepat ketika sedang melakukan pemadaman api di Costa del Sol, Portugal.

Dalam laporan yang sudah cukup lama dari Daily Mail ini, seorang warga kota Malaga bernama Matteo Narzisi dengan cemas mengamati saat-saat sebuah helikopter pemadam kebakaran terbang merendah di atas kolam renang di villa miliknya.

Helikopter Bell 412 itu kemudian menurunkan wadah airnya dan mengambil air dari dalam kolam renangnya-- lalu helikopter tersebut terbang kembali ke arah lokasi kejadian kebakaran di sekitar vila tersebut.

Matteo Narzisi mengatakan, “Saya melihat api yang berkobar di sebuahladang belakang rumah saya di Rincon de la Victoria. Hari itu memang berangin dan ada resiko bahwa api akan berkembang semakin ganas.”

Ia melanjutkan, “Ada dua pesawat terbang dan dua helikopter yang bertugas untuk memadamkan api. Salah satu dari mereka memutuskan untuk mengambil air dari kolam renang kami.”

Para anggota pemadam kebakaran melanjutkan perjuangan membasmi api liar di sejumlah kawasan di Spanyol dan Portugal dengan adanya cuaca sangat panas yang berkepanjangan.

Menurut EuroNews, setidaknya ada 30 pesawat terbang dan helikopter yang ikut ambil bagian di Costa del Sol, didukung oleh sejumlah tentara.

Ribuan orang sudah diungsikan dari Malaga dan sekitarnya karena ancaman kebakaran itu. Menurut kabar, insiden ini telah merenggut nyawa, seorang warga Inggris berusia 78 tahun meninggal dunia karena terbakar.

Pimpinan pemerintahan Andalusia, Jose Antonio Grina, belum dapat memastikan apakah api yang juga sudah memusnahkan 1.500 hektar lahan itu disengaja. Pada saat penulisan, kobaran api bergerak ke pegunungan Sierra Blanca. (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.