Sukses

Waspada, Kini Pria dapat Mengetahui jika Pasangannya Berselingkuh

Secara ilmiah, terbukti bahwa, dalam sekejap saja, kaum pria bisa mengenali wajah wanita yang selingkuh.

Liputan6.com, Perth - Para pria kini memiliki keuntungan lebih terhadap lawan jenisnya. Ketika Anda berpikir dominasi pria dalam hampir semua bidang dan buang air kecil sambil berdiri belum cukup, kini lak-laki diduga dapat mengetahui jika seorang wanita berselingkuh dengan hanya menatapnya. Mungkin saja hal ini terdengar konyol, tapi hal ini nyata adanya secara ilmiah.

Melalui sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS-one baru-baru ini menguatkan bahwa pria dapat menebak jika seorang wanita yang tidak dikenalinya setia atau tidak dengan hanya sebuah tatapan.

Penelitian di bawah arahan dokter Samantha Leivers  ini dilakukan dengan meminta pria untuk melakukan membandingkan foto-foto wanita yang tidak mereka kenal-- peserta laki-laki dalam penelitian itu ternyata dapat mengetahui wanita yang setia hanya dengan melihat foto mereka.

Kaum pria diduga memiliki indra tambahan untuk mengetahui wanita yang cenderung selingkuh. Dikutip dari Your Tango, penelitian ini dilakukan terhadap 100 orang mahasiswa dari University of Western Australia.

Para peserta dalam penelitian ini diberi 17 kartu yang masing-masing berisi dua foto wanita yang berbeda. Salah satu wanita dalam foto pernah berselingkuh setidaknya dua kali di masa lalu, sementara foto lainnya adalah seorang perempuan yang selalu setia kepada pasangannya.

Para mahasiswa ini kemudian diminta untuk menebak wanita mana yang lebih setia hanya berdasarkan kedua foto tersebut. Hal ini dilakukan dua kali pada sekelompok responden pria yang berbeda.

Para peneliti mendapati bahwa hanya dengan melihat wajah-wajah wanita, penilaian kaum pria tentang kesetiaan ternyata tepat dalam kisaran 55% hingga 59%. 

Namun ketika seseorang diminta untuk menentukan antara dua hal, pada umumnya peluang mereka untuk memilih dengan tepat adalah 50%. Dengan demikian, Dr. Samantha Leivers mengatakan bahwa tingkat ketepatan dalam percobaan ini “penting secara statistik, namun konservatif.”

Ia melanjutkan, “Kami tidak berharap mereka bisa menembak dengan akurat hanya dengan melihat wajah seseorang dalam beberapa detik. Tapi hebat juga kemampuan mereka untuk menunjukkan tingkat ketepatan ini hanya berdasarkan informasi yang terbatas.”

Apakah evolusi menjadi penyebab munculnya kemampuan baru ini? Menurut Dr. Samantha Leivers, hasil temuan ini memberikan sejumlah bukti bahwa kaum pria telah mengembangkan ini untuk mencegah perzinahan melalui pemilihan wanita yang cenderung tidak setia dalam hubungan.

Peneliti itu menuliskan, “Terkait dengan perzinahan, kaum pria secara adaptif telah mengembangkan kemampuan untuk membaca ketidaksetiaan calon pasangan mereka.” Namun bagaimana jika sebaliknya? (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.