Sukses

Finalis Mainan Terkenal 2015

Pemilihan ketenaran ternyata bukan hanya milik kaum selebriti. Mainan-mainan juga bersaing untuk menjadi yang paling tersohor.

Liputan6.com, Rochester - Sejumlah jenis mainan dan buku cerita masuk dalam daftar finalis mainan tersohor di Amerika Serikat, National Toy Hall of Fame. Dalam daftar yang diterbitkan pada Senin lalu, 28 September 2015, oleh Strong National Museum of Play di Rochester, New York, terdapat sejumlah permainan lawas yang awet sepanjang masa.

Dalam daftar finalis itu dapat terlihat permainan Jenga, mainan PLAYMOBIL, skuter, senapan air Super Soaker, boneka Teenage Mutant Ninja Turtles, gasing, boneka kaos kaki (sock puppet), permainan Twister dan permainan Wiffle Ball. Sebagai catatan, museum mainan ini juga menjadi rumah bagi International Center for the History of Electronic Games dan juga World Video Game Hall of Fame.

Dikutip dari USA Today, Patricia Hogan, seorang kurator di museum Strong, mengatakan, “Kami mencoba memasukkan daftar para finalis yang mewakili berbagai jenis permainan yang berbeda. Kami ingin ada permainan papan dan juga puppet dan bola-bola. Ya, cakupan luas mainan-mainan klasik.”

Sejak 1998, sudah ada 56 mainan yang masuk dalam Hall of Fame. Tahun lalu, sejumlah mainan yang masuk dalam daftar tersohor antara lain tentara hijau mungil, kubus Rubik, dan gelembung-gelembung.

Sejumlah finalis mainan terkenal 2015 (dari http://www.toyhalloffame.org)

Panitia pemilihan terdiri dari para kurator, peneliti, sejarawan, dan spesialis pemasaran yang melakukan proses nominasi secara terbuka melalui laman toyhalloffame.org. Sebanyak 12 finalis akan ditelaah oleh anggota panitia yang kemudian memberikan pilihan mereka. Biasanya, ada 3 jenis mainan yang mendapat gelar kehormatan.

Patricia Hogan mengatakan museum itu menerima sekitar 8000 nominasi yang masuk, walaupun banyak nominasi yang tumpang tindih pada jenis mainan yang sama. Mereka juga menerima nominasi melalui telepon ataupun surat. “Kami sering menerima surat-surat dari anak-anak yang baru belajar menulis, “ ujar wanita itu.

Menurut situs National Toy Hall of Fame website, kriteria seleksi pemilihan antara lain: mainannya dikenal secara luas, punya tempat di hati masyarakat dan dikenang. Selain itu, kriteria lainnya adalah usia atau bukan berarti numpang lewat saja. Temuan dan inovasi juga masuk sebagai persyaratan.

Namun demikian, suatu mainan dapat saja masuk dalam pengajuan tanpa harus memenuhi 3 syarat secara mutlak.

Kriteria yang ada memberikan keadilan baik bagi mainan yang lebih primitif semisal menonton gelembung-gelembung dan mainan yang lebih menantang kecerdasan semisal kubus Rubik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Boleh diajukan lagi

Sekiranya suatu mainan tidak terpilih di suatu tahun, mainan itu masih bisa diajukan lagi. Contohnya, boneka-boneka American Girl, Jenga, Wiffle Balls, boneka Teenage Mutant Ninja Turtles, skuter dan Twister sudah pernah diajukan sebelumnya.

Sejumlah finalis mainan terkenal 2015 (dari http://www.toyhalloffame.org)

Sejumlah kisah pun melingkupi mainan yang masuk nominasi, misalnya boneka-boneka American Girl berukuran 46 centimeter, dengan riwayat masing-masing, yang diperkenalkan pada 1985. Lalu muncul My American Girl pada 1996 di mana setiap bonekanya dirancang supaya mirip dengan pemiliknya.

Permainan klasik Battleship pada awalnya dimainkan menggunakan kertas dan pensil. Permainan papan tentang strategi dengan kapal-kapal plastik diperkenalkan pada 1967.

PLAYMOBIL bermula pada tahun 1974, diawali dengan boneka-boneka berukuran 7,5 centimeter dan dilengkapi dengan bangunan, kendaraan, hewan, suasana Viking, suasana Mesir kuno, dan tema bajak laut.

Sejumlah finalis mainan terkenal 2015 (dari http://www.toyhalloffame.org)

Teenage Mutant Ninja Turtles bermula sebagai tokoh komik bernada satir pada tahun 1980-an. Tapi tokoh ini kemudian menggila sebagai dagangan mainan, acara-acara televisi, film, permainan video, dan pakaian.

Finalis yang beruntung akan diumumkan di museum Strong tersebut pada 5 November 2015 puku' 10.30. Acara dilanjutkan dengan perayaan publik di akhir pekan 7 dan 8 November 2015. Rasanya, tidak sabar siapa yang jadi pemenangnya! (Alx/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.