Sukses

Keluar dari Wilayah Peternakan, Sapi 'Bersantai' di Kolam Renang

Seekor sapi tidak menyangka telah melangkah di atas kain kanvas penutup kolam renang. Karena berat tubuh sapi itu, kain kanvas itupun robek.

Liputan6.com, Cheshire - Seekor sapi harus bermalam di dalam kolam renang milik warga Chesihre setelah tercebur di dalam kolam. Sapi itu akhirnya berhasil diselamatkan oleh dinas pemadam kebakaran Cheshire. 

Dikutip dari Sky News, kepala pemadam kebakaran Andy Hallworth mengatakan bahwa 6 anggota pemadam kebakaran dari Holmes Chapel dan 5 dari Knutsford dikerahkan menuju kolam renang Kermincham pada Minggu pagi, 27 September 2015.

Setibanya di lokasi, petugas menemukan seekor sapi terperangkap dalam kolam, dalam keadaan tenang dan tanpa cedera-- terendam dalam air setinggi 1,2 meter. Andy Hallworth menduga sapi itu terjebak dari malam sebelumnya.

"Kami menduga sapi itu keluar dari wilayahnya dan berjalan menuju kolam dan terjatuh, ia mengira pelindung kolam adalah permukaan padat. Tak mengherankan jika sapi itu terjatuh melalui terpal." 

Upaya penyelamatan dilakukan dengan memompa air ke luar kolam dengan memanfaatkan pompa portabel, sementara peternak menggunakan mesin untuk membuat tangga dari tumpukan jerami.

Seekor sapi tercebur dalam kolam renang yang dilindungi kain terpal (Sky News)

Kata Andy Hallworth, “Penyelamatan seperti ini sudah biasa, karena kami sudah pernah melakukan petolongan sejumlah sapi yang terjatuh ke dalam kolam renang yang tak terpakai. Tapi, sapi ini termasuk salah satu yang terbesar yang harus kami keluarkan.”

Atas kejadian ini ia memberikan peringatan kepada pemilik sapi, “Para pemilik tanah dapat membantu petugas pemadam kebakaran dengan memastikan bahwa pagar atau pembatas berada dalam kondisi yang baik.”

Menurut laporan, ini menjadi kelima kalinya petugas melakukan penyelamatan terhadap sapi yang terjebak di dalam kolam selama enam minggu. Tiga diantaranya adalah anak sapi yang berhasil dibantu pada Agustus lalu di Chester.

Kejadian serupa dilaporkan juga terjadi pada tanggal  21 September 2015, ketika seekor sapi harus ditarik keluar dari selokan di Nantwich, sekitar 8 kilometer dari Crewe-- upaya berlangsung selama tiga jam. 

Menurut petugas pemadam kebakaran, “Karena penasaran hewan-hewan kabur dari wilayah peternakan melalui pagar-pagar yang tidak terawat dengan baik.” (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini