Sukses

Proyek WiFi Super Cepat Terbesar di Dunia Hadir di India

Google bersama perusahaan kereta India akan memberikan internet gratis secara cuma-cuma di 400 stasiun yang tersebar di negara tersebut.

Liputan6.com, Mountain View - Negara India dengan populasi terpadat kedua setelah China memiliki jaringan kereta api terbesar di dunia-- diperkirakan ada lebih dari 7.000 stasiun tersebar di negara yang terkenal dengan Bollywood itu. 

Dilansir dari blog resmi Google terbitan 27 September 2015, menyatakan bahwa dalam waktu dekat ini, Indian Railways akan memberikan layanan internet di stasiun stasiun mereka. Perusaahan jasa dan produk dunia maya itu akan memberikan jaringan nirkabel secara gratis di 400 stasiun yang dikelola oleh Indian Railways-- memberikan sekitar 10 juta orang akses internet per harinya.

Gambar dari googleblog.blogspot.uk

Untuk melakukan hal tersebut, Google akan bekerja sama dengan Indian Railways dan Railtel-- perusahaan penyedia jasa internet nirkabel (broadband) di India.

Sebagai proses awal, akan ada lima stasiun yang terhubung dalam beberapa bulan ke depan, selanjutnya, layanan ini akan beralih ke 100 stasiun kereta api tersibuk India sebelum akhir tahun 2016.

Menurut Google, proses penyediaan 100 stasiun KA tersibuk India dengan internet merupakan proyek WiFi publik terbesar di negeri itu, sekaligus di dunia. Pelayanan ini akan memberikan akses kepada 10 juta orang yang berlalu lalang melalui stasiun itu setiap hari dengan kecepatan akses jaringan super cepat.

Gambar dari googleblog.blogspot.uk

Google mengungkapkan bahwa para pengguna dapat menikmati video definisi tinggi (HD), mengunduh video, buku, dan permainan (games).

Pada awalnya pelayanan ini akan diberikan secara gratis, namun seiring waktu berjalan, Google berharap layanan itu dapat menyokong dengan sendirinya (self-sustainable)-- sehingga memungkinkan perluasan kepada lebih banyak stasiun dan lokasi. 

Bulan lalu, raksasa situs pencarian itu meluncurkan telepon pintar Android One di Afrika setelah melakukannya di India setahun sebelumnya. Prakarsa Project Loon mereka juga baru saja diperluas untuk menjangkau keseluruhan negara Sri Lanka dengan balon terbang sebagai penghubung Internet. (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.