Sukses

Simulator Baru Memberikan Sensasi Nyata Permainan Video

Lembaga ilmu pengetahuan Jerman membuat simulator gerakan mutakhir dengan kemampuan yang luar biasa.

Liputan6.com, Tübingen - Penggila game akan setuju jika permainan video yang dimainkan akan terasa lebih hidup jika bisa menampilkan suasana dan perasaan sebenarnya-- seperti simulasi roller coaster menegangkan dengan menggunakan sistem virtual reality yang mampu menghadirkan interaksi itu.

Namun akan lebih mengasyikkan jika 'pelataran geraknya' mampu menopang manusia, seperti Cable Robot Simulator yang di dukung kabel yang menarik dari delapan arah yang berbeda.

Dilaporkan melalui wired.co.uk, alat simulasi virtual reality (VR) yang diberi nama Cable Robot Simulator-- Simulator Robot Kanel, diciptakan oleh Max Planck Institute for Biological Cybernetics di Jerman mampu menghadirkan sensasi VR sesungguhnya dalam permainan video.

Alat ini berbentuk seperti berlian dengan seorang pengguna terduduk dalam ‘sangkar’-- terbuat dari karbon sambil mengenakan headset VR, sistem ini mampu memberikan sensasi kecepatan hingga 1,5 G-Force.

Platform itu dapat bergerak ke segala arah, menukik, dan bergeser menurut skema permainan yang dijalankan. Permainan video yang pantas untuk di mainkan perangkat ini dalam kategori permainan video balap, simulasi penerbangan, dan sejenisnya.

Menurut keterangan video unggahan Max Planck Institute dijelaskan bahwa alat simulasi ini telah diumumkan kepada masyarakat pada 16 September lalu-- Cable Robot Simulator dirancang oleh tim di bawah pimpinan profesor Heinrich Bülthoff.

Platform ini adalah hasil pengembangan selama 2 tahun bersama dengan kelompok penelitian robot kabel di Fraunhofer IPA.

Maria Lächele , salah satu pengembang perangkat lunak (software) dalam tim yang terdiri dari 8 orang termasuk salah satu orang pertama yang menjajal simulator ini. (Alx/Rcy) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.