Sukses

Snapchat Membanderol Triliunan Rupiah Demi Meme 'Muntah Pelangi'

Meme 'muntah pelangi' muncul sejak tahun 2009 lalu. Namun, tidak seperti halnya meme lain, meme ini bertahan hingga kini.

Liputan6.com, Washington DC - Snapchat menjadi layanan komunikasi yang luas digemari sekarang ini-- terutama oleh warga dibelahan Barat Bumi. Namun, ada sesuatu yang dianggap masih kurang oleh pengguna, yakni absennya fitur meme 'muntah pelangi'.

Meme 'muntah pelangi' sering digunakan netizen untuk mengekspresikan kesenangan. Biasanya jika melihat sesuatu yang menggemaskan seperti anak anjing dan kucing, atau benda-benda menakjubkan.

Pengguna pun meminta Snapchat untuk menambahkan fitur 'muntah pelangi'. Permintaannya ternyata cukup tinggi, dan perusahaan menyanggupi. Pun begitu, harga yang diperlukan untuk merealisasikannya tidak sedikit.

Dilansir situs Business Insider, perusahaan membanderol US$150 juta (Rp. 2,18 triliun rupiah) untuk bekerjasama dengan perusahaan Looksery, yang membuat fitur modifikasi wajah dalam video.

Setelan diluncurkan, pengguna media sosial pun ramai-ramai mengungkapkan pendapat mereka terhadap aplikasi tersebut.

Pengguna Twitter @HighOnVibe mencobanya, dimana ia membuat klip singkat yang menampilkan kucingnya sebagai bahan eksperimen. Si kucing pada saat itu sedang tidur, ia menarik sedikit bagian bawah mulutnya. Ketika mulutnya terbuka, terdengar efek suara diiringi dengan munculnya visual warna-warni pelangi dari mulut si kucing. Membuatnya seakan-akan muntah pelangi. Di akhir video, ia menambahkan kutipan: "update-an Snapchat ini mengagumkan."


Sedangkan pengguna dengan nama @swilks21 men-tweet dengan sejumlah tagar dan mention akun kandidat presiden kontroversial, Donald Trump saat mendemonstrasikan aplikasi tersebut.


Pun begitu, dalam hal komunikasi, fitur dari Snapchat ini memiliki kegunaan yang tidak banyak. Ini bukan lagi mengenai efektifitas komunikasi, namun kekuatan pengaruh sebuah meme.

Masa ini merupakan waktu dimana meme mirip halnya dengan kutipan tembang lawas Diana Nasution, "Kau datang dan pergi sesuka hatimu". Namun, meme muntah pelangi ini bisa dikatakan bertahan.


Meme muntah pelangi berawal pada tahun 2009, dilansir laman Know Your Meme. Berawal dari kritik sesama pengguna blog , meme ini dinilai dengan pesat telah beralih fungsi. Pada tahun yang sama, meme ini sudah umum digunakan sebagai ekspresi kesenangan.

Ternyata, selama 6 tahun, meme ini masih umum digunakan, bisa dilihat dari perjuangan Snapchat membanderol harga sedemikian demi meme ini. (Ikr/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini