Sukses

New Horizons Temukan Gunung dan Atmosfer Pluto

Citra terbaru yang dikirim New Horizons mencengangkan para tim ekspedisi.

Liputan6.com, Maryland - Kejutan datang dari Planet Pluto.

NASA menerbitkan foto terbaru yang didapatkan dari wahana tanpa awak New Horizons. Citra ini sungguh mencengangkan. Planet kerdil ini ternyata benar mempunyai rangkaian gunung dan lembah. Ditambah dengan latar belakang sinar matahari yang tampak di kejauhan, Pluto digambarkan sebagai planet es yang beku dan dingin, seperti dikutip dari ABCNews, Jumat (18/9/2015).

Citra ini sebenarnya dikirim oleh New Horizons 14 Juli lalu. Butuh waktu satu bulan untuk mengirimkan gambar yang jelas. Misi ini juga diprediksi selesai mengirimkan gambar-gambar penampakan Pluto dalam waktu 1 tahun.

Menurut kepala ekspedisi, Alan Spencer, saat pertama kali menemukan permukaan yang diduga pegunungan, permukaan dataran itu mirip dengan aktivitas geologi --seperti kegiatan gunung berapi-- selama 100 juta tahun. Baca: New Horizons: Ada Pegunungan Es di Pluto

"Foto-foto ini membuatmu seakan ingin menahan nafas dan berada di sana," kata Alan Spencer. "Gambar yang dikirim sebulan lalu, kini tampak lebih jelas dan ini adalah temuan luar biasa. Pluto jelas memiliki rangkaian pegunungan, lembah, dan atmosfer," tambahnya.

New Horizons Temukan Gunung dan Athmosfer Pluto (NASA/ABCNews)

Pegunungan ini dinamakan Norgay Montes dan Hillary Montes, untuk menghormati Sir Edmun Hillary dan Tenzing Norgay, para pendaki pertama puncak Gunung Everest.

Citra terbaru yang diterima Bumi juga berhasil 'menangkap' atmosfer Pluto yang kaya akan zat Nitrogen.

New Horizons memulai misinya 17 Januari 2006 silam.

Setelah 9 tahun 6 bulan menempuh jarak 5 miliar kilometer, misi New Horizons berhasil mengambil citra Pluto dan kelima bulannya dengan jelas pada Selasa 14 Juli 2015. Baca:  New Horizons, Menguak Rahasia Planet Terjauh dari Bumi. (Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.