Sukses

Bocah SD China Penemu Supernova Termuda di Dunia

Liputan6.com, Anhui - Seorang murid sekolah dasar di China menghebohkan kalangan astronom dengan penemuannya. Bocah berusia 10 tahun bernama Liao Jiaming itu tak menduga menemukan supernova atau ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih banyak daripada nova (ledakan nuklir) melalui foto yang ia lihat.

Penemuannya itu sekaligus menjadikan Liao sebagai astronom amatir dan penemu supernova termuda di dalam sejarah Tiongkok.

Dilansir dari china.org, siswa SD di Hefei, Provinsi Anhui itu menemukan cahaya terang yang tak biasa ketika sedang memperhatikan sejumlah foto hitam putih jagat raya dalam sebuah proyek daring (dalam jaringan/online).

Foto-foto jagat raya itu diambil oleh Stasiun Pengamat Jagat Raya Xingming di Xinjiang. Meski sudah dilihat oleh sejumlah astronom amatir, tapi tak seorang pun menemukan supernova baru itu. Sementara pendiri Xinming Observatory, Gao Xing mengatakan jika supernova tersebut berada pada jarak 220 juta tahun cahaya dari bumi.

Liao sendiri telah mengamati lebih dari 8.000 foto setiap malam, sejak bergabung dengan Xingming Observatory di daerah Xinjiang Uighur pada musim panas lalu.

"Aku ingin menemukan bintang yang dinamai nama saya. Aku suka mengamati langit berbintang, tapi tidak bisa melihatnya sewaktu malam di kota. Aku suka melihat foto-foto jagat raya," kata Liao.

Liao mengaku penemuan itu membuatnya lebih percaya diri, untuk menemukan fenomena-fenomena alam lainnya. "Penemuan ini memberikan saya kepercayaan diri lebih. AKu berharap menemukan lebih banyak supernova," ujarnya.

(Dsu/Tnt)