Sukses

Kesalahan Perangkat Lunak, Maskapai Salah Pesawat

Kekeliruan perangkat lunak mengakibatkan maskapai penerbangan menggunakan pesawat yang salah.

Liputan6.com, Honolulu - Perusahaan penerbangan American Airlines secara tidak sengaja melakukan kesalahan dengan mengirim salah satu pesawat terbangnya dari Los Angeles, California, menuju Honolulu di Hawaii.

Dikutip dari Huffington Post, kesalahan ini pertama kali diungkapkan oleh seorang blogger aviasi yang kemudian dibenarkan oleh CNN. Kekeliruan ini melanggar peraturan Federal Aviation Administration (FAA) yang menyatakan pesawat jenis Airbus A321S tidak memiliki sertifikasi Extended Operations untuk melakukan penerbangan jarak jauh di atas lautan.

Menurut Washington Post, sertifikasi ini mengharuskan pesawat yang melakukan perjalanan rute panjang tanpa bandara alternatif untuk membawa tabung oksigen dan pemadam kebakaran tambahan.  

 

Penerbangan AA31 tanggal 31 Agustus 2015 lalu mendarat dengan selamat di Honolulu, tapi seorang jurubicara American Airlines mengungkapkan kepada CNN bahwa “ petugas di darat” baru menyadari kesalahan setelah penerbangan melaju setengah perjalanan. Atas kekeliruan itu petugas dengan segera memberi tahu FAA dan awak pesawat.

Sumber dari Google Maps

Namun petugas bandara memutuskan agar pesawat Airbus A321S meneruskan penerbangannya ke Honolulu. Kesalahan ini mengakibatkan penerbangan pulang dibatalkan dan pesawat itu kembali menuju Los Angeles dengan awak sedikit mungkin.

Pesawat yang seharusnya melakukan penerbangan ke Hawaii adalah Airbus A321H-- pesawat yang sama, namun memiliki persyaratan untuk melakukan perjalanan Extended Operations, ungkap jurubicara American Airlines kepada Agence France-Press.

Pakar penerbangan Brian Sumers yang pertama kali mengetahui kekeliruan itu, menulis dalam blognya "bukannya tidak aman, kedua pesawat A321 pada umumnya sama dan memiliki peralatan darurat untuk melakukan evakuasi di perairan-- tapi ini sudah melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh FAA.”

Pihak American Airlines mengatakan bahwa sejak peristiwa itu mereka telah memperbaiki perangkat lunak komputer mereka sehingga penerbangan mereka dapat beroperasi menuju rute yang benar.

Penelusuran melalui Google Maps memberikan gambaran jarak antara Los Angeles, California dan Honolulu, Hawaii-- dengan jarak sekitar 4.112 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini