Sukses

Estimote Bantu Cari Barang Hilang dengan Bluetooth

Dengan menggunakan sistem Bluetooth, kini barang hilang lebih mudah dicari.

Liputan6.com, Warsawa - Kita hidup di era makanan bisa datang dengan satu panggilan telefon-- sementara barang yang dijajakan di belahan dunia lain bisa didatangkan dengan satu sentuhan mouse.

Dalam jangka waktu beberapa tahun, mungkin kita tidak lagi harus kebingungan mencari benda yang hilang dalam kamar, satu kesulitan yang masih dialami oleh orang-orang di berbagai bagian dunia sampai sekarang ini.

Perusahaan Estimote kini sedang mengembangkan teknologi pencari benda. Dengan memanfaatkan perangkat Bluetooth, Anda bisa mencari benda semudah memasukkan keyword dan menekan tombol search.

Kepingan Estimote dilengkapi sistem Bluetooth. (foto: Estimote)

Sejak awal, Estimote berniat menciptakan sistem untuk dunia nyata, dan kini visinya sudah selangkah menjadi kenyataan. Perusahaan perangkat keras dan lunak asal Polandia ini menciptakan stiker yang dilengkapi teknologi Bluetooth yang bisa di-enable.

Nantinya, jaringan Bluetooth ini akan tersambung dengan telepon genggam Anda melalui aplikasi-- dan jika barang tidak dapat ditemukan, stiker yang sudah di-enable pada barang itu akan ‘memberitahu’ keberadaannya melalui ponsel.

Kepingan Estimote dilengkapi sistem Bluetooth. (foto: Estimote)

Salah satu pendiri Estimote, Steve Cheney mendasari misi perusahaannya dalam satu bentuk pertanyaan: “Bagaimana jika di dunia nyata, Anda bisa memiliki kotak pencarian, dan bisa menemukan barang Anda di dalamnya?”

Kini ‘kotak’ tersebut pun telah terwujud. Mulai minggu ini, teknologi ini sudah memiliki platform.

Lokasi barang yang sudah ditempel dengan stiker akan terdata pada cloud storage– sistem penyimpanan dalam jaringan internet. Jika Anda mencari benda yang sudah Anda ‘simpan’-- contohnya buku, Anda hanya perlu memasukkan keyword yang sudah diinput, lalu mencarinya melalui ponsel, sama seperti Anda mencari lewat Google.

Kepingan Estimote dilengkapi sistem Bluetooth. (foto: Estimote)

Hanya sejumlah perusahaan yang sudah menggunakan teknologi ini. Seperti Target, alat ini dapat membantu pelanggan untuk melacak lokasi barang yang mereka cari. Sistem ini akan sangat bermanfaat bagi toko yang memiliki bangunan luas.

Kepingan Estimote dilengkapi sistem Bluetooth. (foto: Estimote)

Dikutip Wired, Cheney menganggap aplikasi ini bisa membantu tempat-tempat yang memiliki banyak peralatan mahal dan penting-- seperti rumah sakit. Hal yang sama juga berlaku dengan sekolah yang memiliki fasilitas canggih seperti iPad. Menghindari resiko barang hilang berarti menghemat uang dan meningkatkan produktifitas.

Namun, sistem interaktif ini masih memiliki kelemahan-- yakni bergantung pada input manusia dengan menempelkan stiker. Kelemahan ini akan dianggap sebagai kendala bagi desainer dan pengembang sistem ini untuk ke depannya. (Ikr/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini