Sukses

Kisah Boneka 'Berhantu' jadi Jimat Keberuntungan

Boneka yang didiami arwah kini bukannya dihindari, namun dicari.

Liputan6.com, Thailand - Kisah boneka yang didiami makhluk halus kerap menjadi ide film horor. Dari Child’s Play sampai Annabelle. Penonton disuguhkan kisah yang membuat susah tidur.

Namun, tren terbaru di Thailand justru membuat masyarakat beramai-ramai memiliki boneka berhantu. Boneka Look Thep (Anak Tuhan) dipercaya didiami roh anak-anak, yang dibawa melalui ritual khusus.

Dilansir Oddity Central, boneka ini dianggap sebagai versi baru dari kuman thong -- praktik pemujaan janin yang meninggal dalam kandungan. Sedangkan, Look Thep membawa roh anak-anak tanpa harus melibatkan janin tak bernyawa.

Penduduk lokal, termasuk selebriti Thailand seperti DJ Bookkoh Thannatchayapan dari Radio 94 FM mengaku boneka milik mereka berkontribusi pada kesuksesan mereka.

"Pada hari saya membeli boneka, saya membawanya belanja pakaian bayi,” ungkap DJ Bookkoh mengenai bonekanya yang diberi nama Wansai. “Saya baru saja selesai membayar saat saya ditelepon dan mendapat pekerjaan!” sambungnya.

Bookkoh juga mengaku ia mendapat peran di film layar lebar setelah menjanjikan akan memberi kalung emas untuk bonekanya.

"Saya merasa Wansai seperti anak saya sendiri," ungkapnya.

 

 

DJ Bookkah bersama 'anak' kesayangannya.

 

Namun, tidak ada yang memiliki kecintaan lebih dalam terhadap boneka Look Thep selain Mae Ning. Kolektor boneka ini merupakan desainer boneka dan penggagas klub Look Theb online. Ia mulai membuatnya tiga tahun lalu, sebagai cara menangani anaknya yang rewel.

"Aku berpikir, 'bagaimana caranya mengontrol anakku? Kemudian terpikir untuk membuat boneka dengan representasi dirinya dan membuat jiwa untuknya," ungkap Ning. "Aku memasukkan jimat anakku dalam boneka, di situlah saya mulai."

Mae Ning kini sudah membuat ribuan boneka yang akan diadopsi oleh 'ibu' dan 'ayah’ baru mereka.

 

Mae Ning, otak di balik boneka pembawa keberuntungan

 

Dalam pembuatannya, pertama-tama ia memperoleh boneka dari pabrik dan memodifikasi rambut serta pakaiannya. Selanjutnya, ritual pun dimulai. Dengan memanggil Dewi Hindu Parvati, untuk memanggil roh anak-anak masuk ke dalam boneka.

Setiap boneka diberi nama dan usia yang dihitung dari hari roh masuk ke dalamnya.

Ning juga percaya bahwa boneka-boneka ini hidup. Baginya, yang mendiami boneka ini bukan sekedar roh, namun jiwa anak-anak.

Ia tidak memanggil jiwa anak-anak yang telah meninggal, melainkan mengisi para boneka dengan 'benih kehidupan'.

"Aku seakan memiliki dewi dalam tubuh. Aku tidak tahu cara menjelaskannya, namun aku adalah tubuh dari Dewi Parvati, dan aku mengoleksi boneka yang kucintai. Look Thep adalah bukti Parvati berdiam dalam diriku," ucapnya.

Menurutnya, Look Thep mengubah kehidupan para pembelinya. Ada orang-orang yang mengalami kesusahan hidup seperti tidak menemukan cinta, kehilangan anak, atau memiliki hubungan yang sulit. Namun hidup mereka berubah saat memiliki Look Thep.

Anda percaya?

(Ikr/Tnt)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.