Sukses

Insomnia Akut, Pria Ini Tak Tidur 40 Tahun

Pria lanjut usia ini tidak tidur 12 ribu jam. Ia mengelami kondisi yang dikenal sebagai 'microsleep'.

Liputan6.com, Hanoi - Hanya karena kurang tidur, orang bisa saja langsung terserang penyakit. Entah masuk angin, badan terasa nyeri atau penyakit lainnya yang mudah menyerang fisik seseorang ketika kurang beristirahat. Namun, seperti dilansir dari Listverse pada Rabu (3/9/2015), ada seorang lelaki yang dikabarkan tak pernah tidur hingga 12 ribu jam.

Berikut kisah insomnia lelaki asal Vietnam tersebut.

Setelah sembuh dari demam yang dideritanya pada tahun 1973, seorang petani asal Vietnam, Thai Ngoc, mengalami insomnia akut. Awalnya ia menganggap masalah tak bisa tidur yang dialaminya akan berakhir setelah sepekan. Tapi nyatanya tidak.

40 tahun lamanya Ngoc insomnia. Berbagai cara dilakukan agar ia bisa tidur. Bahkan konsumsi minuman keras juga sudah dilakukan, berharap pengaruh alkohol dapat membuat matanya terpejam dan terlelap. Tapi lagi-lagi usahanya sia-sia, upayanya itu tak membuahkan hasil.

Seseorang dapat tertidur dikarenakan keadaan otak yang lelah dan tak mampu lagi untuk bekerja. Dalam keadaan tersebut, otak harus tidur untuk beristirahat dan kemudian melanjutkan aktivitas setelahnya.

Tapi entah mengapa, otak Thai Ngoc tak pernah merasa lelah hingga membuatnya terus tersadar.

Anehnya, setelah 12 ribu jam tersadar, hasil kesehatan Thai Ngoc menunjukan kondisi kesehatannya cukup baik. Satu satunya organ tubuh yang bermasalah pada tubuh petani ini hanyalah ginjalnya.

Pihak rumah sakit menyatakan kondisi yang dialami Ngoc sebagai 'microsleep'.

(Akp/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini