Sukses

'Astronot' LEGO Meluncur ke Luar Bumi

Setelah misi berakhir, mainan ini akan diberikan kepada pemenang kontes menulis. Tapi khusus bagi siswa di Denmark.

Liputan6.com, Kopenhagen - LEGO berasal dari Denmark, disukai anak-anak hingga orang dewasa. Kini mainan tersebut akan memulai misi antariksa perdananya, menemani astronot dari Negeri Nordik itu, Andreas Mogensen ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Astronot berusia 38 tahun itu, akan menghabiskan waktunya selama kurang lebih 2 tahun di luar angkasa bersama 26 permainan LEGO. Ia membawa serta mainan plastik legendaris yang dirancang khusus untuk misi ini.

Lego yang dibawa tampil dalam bentuk mirip astronot setinggi 5 cm, menyandang dengan logo resmi European Space Agency (ESA) dan misi Iriss -- yang diambil dari nama seorang dewa dalam mitologi Yunani.

"Sebuah kehormatan bagiku sebagai astronot, mewakili Denmark," kata Mogensen sebelum berangkat memulai misinya hari Selasa (2/9/2015) seperti dikutip dari The Guardian.

"Sulit buatku membayangkan seperti apa di luar angkasa. Sampai nanti akhirnya aku duduk dan terikat sabuk pengaman, lalu suara roket menderu. Mungkin saat itu aku akan merasa, 'Wow ini benar-benar terjadi!'," tutur Mogensen.

Setelah misinya berakhir, para 'astronot LEGO' akan diberikan kepada para siswa pemenang sebuah kompetisi menulis di Kopenhagen.

"ESA dan LEGO telah bermitra bersama untuk misi ini," tulis Mogensen di AMA, atau "Ask Me Anything," di situs Reddit, seperti dikutip dari CollectSpace, 1 September 2015.

"Antara lain, kami mengadakan kompetisi untuk anak-anak sekolah Denmark untuk menuliskan sebuah cerita tentang misiku ini menggunakan LEGO dan membuat video dari kisah mereka. 26 figur mini LEGO adalah salah satu cara kami untuk berhubungan dengan anak-anak muda," tambah Mogensen

Selain LEGO, Mogensen juga membawa barang-barang yang mengingatkan dirinya pada kampung halamannya. Termasuk, bendera Denmark dan topi almamater dari Universitas Texas di mana ia meraih gelar doktornya pada tahun 2007.

Batu asah kecil bangsa Viking yang dipinjamkan oleh Museum Moesgard juga akan menemaninya di ISS yang melayang 354 km di atas Bumi. (Rie/Ein)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.