Sukses

Aksi Manja Anjing Laut Minta Digaruki Penyelam

Saat itu, Grayson tengah menyelam di Scilly Isles, Inggris. Siapa sangka, seekor anjing laut malah datang menghampirinya.

Liputan6.com, London - Walaupun anjing laut dikenal sebagai hewan liar, nyatanya mereka juga memiliki sisi manis seperti binatang peliharaan. Hal itu terlihat dalam sebuah video yang menampilkan seorang penyelam bernama Gary Grayson dan mamalia laut Atlantik berwarna abu-abu itu.

Dalam rekaman yang diposting ke YouTube sejak Agustus 2014 lalu. Saat itu, Grayson tengah menyelam di Scilly Isles, Inggris. Siapa sangka, seekor anjing laut malah datang menghampirinya.

Binatang itu terlihat sangat jinak dan tidak takut dengan manusia. Bahkan, mamalia itu sempat membelai Grayson dengan siripnya. Menyentuh tangannya, sebelum berguling untuk menunjukkan perutnya.

Mellihat aksi lucu itu, Grayson pun merespons dengan menggaruk perutnya. Tampak binatang itu sangat manja dan senang serta menikmatinya. Sangat menggemaskan!

Meskipun video itu menampilkan aksi lucu yang jarang dilakukan oleh kebanyakan hewan liar, ada baiknya para penyelam tidak melakukan hal itu.

Menurut Direktur Penyelamatan Anjing Laut Irlandia yakni Ally McMillan, anjing laut merupakan bagian dari koloni di mana para penyelam beraksi secara teratur sehingga memungkinkan mereka menjadi sangat dekat. Tapi, tentu tidak semua anjing laut akan seperti itu.

"Hewan liar lebih baik tetap dibiarkan liar," tulisnya melalui sebuah surat elektronik kepada Huffington Post, Selasa (1/9/2015).

Selain itu, spesialis public relations untuk Marine Mammal Center di California bernama Laura Sherr mengatakan, akan berbahaya jika anjing laut terlalu sering berhubungan langsung dengan manusia.

"Sekitar 15 persen dari pasien kami berobat akibat interaksi langsung dengan manusia, mungkin itu luka tembak, pengambilan secara ilegal, dan lainnya. Jadi, kami di sini (Marine Mammal Center) memastikan bahwa binatang liar akan tetap liar," ucap Sherr.

Sherr juga mengatakan bahwa gigitan dari anjing laut tidak hanya berbahaya bagi manusia. Tapi, juga keduanya, karena dapat menularkan penyakit.

Walaupun begitu, McMillan juga mengakui bahwa video tersebut memang lucu.

"Ini benar-benar menunjukkan bagaimana mamalia laut itu terlihat manis dan penasaran seperti seekor anjing," katanya.

Menurut McMillan, citra dan gambaran mengenai anjing laut memang perlu diperbaiki. Begitu banyak masyarakat yang tidak menyukai anjing laut dan menyebut mereka 'tikus laut' atau hama, hanya karena mereka makan ikan. Banyak pula nelayan yang tidak suka dengan mereka dan membunuhnya secara ilegal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.