Sukses

Kisah Haru di Balik Guru Yoga Berusia 95 Tahun

Meski usianya tak lagi muda, pria bernama Kazim Gurbuz ini masih setia menggeluti profesinya sebagai guru yoga.

Liputan6.com, Baghdad - Meski usianya tak lagi muda, pria bernama Kazim Gurbuz ini masih setia menggeluti profesinya sebagai guru yoga. 95 Tahun sudah umurnya, tapi rupanya tidak terlihat seperti orang-orang seusianya.

Ternyata, rahasia di balik penampilan mudanya adalah teratur latihan yoga dan juga mengonsumsi makanan sehat, seperti buah zaitun, paprika merah, kacang pinto, teh herbal dan sup.

"Aku merasa seperti berumur 25-30 tahun," ucap Gurbuz, seperti dikutip dari Oddity Central, Selasa (31/08/2015).

Saat usianya 41, ternyata Gurbuz mengalami kecelakaan mobil mengerikan yang menyebabkan keretakan pada punggungnya. Ia bahkan mengalami kelumpuhan dari bagian pinggang sampai bawah. Dokter pun mengatakan dia tidak dapat berjalan lagi.

Orang awam mungkin akan merasa putus asa dalam situasi tersebut, namun Gurbuz tidak pantang menyerah dan berusaha memperbaiki kerusakan organ tubuhnya itu. Butuh waktu sembilan bulan untuknya agar dapat berjalan kembali. Ia pun akhirnya bisa kembali beraktivitas dengan kedua kakinya.

Kisah perjalanan hidupnya saat bangkit dari keterpurukan itu begitu mengharukan.

"Ketika aku punya uang, wanita memujaku. Mungkin Tuhan menghukumku, karena aku terlalu terbawa dengan kesuksesan itu. Namun, sesungguhnya semua orang memiliki kekuatan jika mereka dapat merawat diri dengan benar. Aku percaya setiap orang memiliki potensi untuk hidup sampai usia 130 tahun," beber Gurbuz.

(Stevanie Adeline/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini