Sukses

Jemaah Calon Haji Asal Tasikmalaya Wafat Saat Menuju Mekah

Jemaah tersebut tergabung dalam kloter 1 embarkasi Jakarta–Bekasi (JKS1).

Liputan6.com, Mekah - Sebagian jemaah calon haji Indonesia sudah bergerak dari Madinah ke Mekah. Mereka tiba di kota Suci tersebut pada Minggu 30 Agustus 2015 pukul 15.00 waktu setempat.

Saat menuju Mekah, seorang calon haji bernama Umin Jaeni Majusim binti Jaeni Majusim meninggal dunia. Jemaah berusia 73 tahun tersebut berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat yang tergabung dalam kloter 1 embarkasi Jakarta–Bekasi (JKS1).

Menurut Penghubung Kesehatan Daker Mekah Ramon Andrias, almarhum meninggal di RS Al Jaheer Arab Saudi pada Minggu pukul 20.30 WAS. Ia disebut terkena serangan jantung (Cardiovasculer Disease).

Meninggalnya Umin Jaeni menambah daftar jemaah calon haji asal Indonesia yang wafat di Tanah Suci. Total jemaah yang meninggal hingga kini berjumlah 16 orang. 15 Jemaah wafat di Madinah dan 1 orang meninggal di Mekah.

Jemaah calon haji asal Kampung Cicadas, Sukabumi, Jawa Barat, sebelumnya menghembuskan napas terakhir usai menunaikan salat sunah qabliyah (sunah sebelum salat wajib).

Rukoyah wafat pada Rabu 26 Agustus 2015 pukul 04.00 waktu setempat. Dia disebut terkena serangan jantung.

Almarhumah tergabung dalam kloter 7 asal embarkasi Jakarta Bekasi (JKS). Dia tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMMA), Madinah pada Senin 24 Agustus 2015.

Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah Darmawali Handoko menyatakan, pihaknya akan mengklarifikasi terlebih dahulu informasi terkait meninggalnya jemaah calon haji asal Sukabumi tersebut.

Dalam sertifikat kematian yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi tercatat, Rukoyah memiliki kolesterol tinggi sejak di Tanah Air. Hal ini disebut sebagai pemicu dari serangan jantung yang membuatnya meninggal dunia. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.