Sukses

Lukisan Rumit dari Pasir Warna-warni

Penciptaan mandala pasir sangat rumit, pasir dicat beragam warna untuk digunakan sebagai alat melukis dan diletakkan di kanvas datar.

Liputan6.com, Tibet - Mandala adalah simbol spiritual dan ritual dalam agama Hindu dan Buddha yang mewakili alam semesta. Berasal dari kata Sansekerta kuno yang berarti "lingkaran".

Pada dasarnya, mandala berbentuk persegi yang di dalamnya ada bentuk lingkaran-lingkaran serta kotak berukuran lebih kecil.

Dalam Buddhisme Tibet, mandala yang dibuat dengan pasir berwarna yang dikenal sebagai dul-tson-kyil-khor. Atau dengan kata lain disebut "Mandala of Colored Powders".

Penciptaan mandala pasir sangat rumit. Dimulai dengan pasir dicat beragam warna, untuk digunakan sebagai alat melukis dan diletakkan di kanvas datar.

Pembuatan lukisan Mandala, dari pasir warna-warni. (Amusing Planet)

Seperti dilansir dari Amusing Planet, Sabtu (28/8/2015), waktu yang dibutuhkan untuk membangun mandala pasir tidaklah singkat dan sangat butuh kerja keras. Uniknya, tak lama setelah selesai, para biksu sengaja menghancurkannya.

Hal ini dilakukan untuk melambangkan bahwa tak ada yang abadi.

Mereka lalu menyapu pasir-pasir itu dan dikumpulkan dalam botol, dibungkus sutra dan dibawa ke sungai untuk dikembalikan ke alam.

(Stevanie Adeline/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini