Sukses

100 Tahun Terapung di Laut, Pesan Tertua di Dunia Akhirnya Sampai

Pesan yang dimasukkan di dalam botol oleh Asosiasi Biologi Kelautan Inggris, ditemukan 100 tahun kemudian.

Liputan6.com, London Setelah ratusan tahun mengapung di lautan, sebuah pesan di dalam botol akhirnya mencapai tujuannya.

Dilansir dari Metro.co.uk, pesan dalam botol itu dilemparkan ke Laut Utara antara tahun 1904 dan 1906. Botol tersebut terdampar di pantai di Pulau Amrum, Jerman, hingga akhirnya ditemukan oleh sepasang suami istri pada bulan April 2015.

Di dalam botol itu, mereka menemukan kartu pos berisi permintaan agar pesan tersebut dikirim ke Asosiasi Bilologi Keluatan Inggris.

Botol berisi pesan yang terombang ambing di lautan luas itu digunakan sebagai bagian dari studi pergerakan arus laut. Di dalam setiap botol terdapat secarik kertas yang menjanjikan hadiah "satu shilling" kepada siapa saja yang mengembalikan ke asosiasi, disertai informasi tentang di mana dan kapan mereka menemukan botol tersebut. Kebanyakan botol yang terkena jaring nelayan sudah kembali satu dekade lalu.

Botol beserta isinya ini dapat tercatat sebagai penemuan tertua saat ini. Pemegang rekor Guinness Book of Records sementara adalah sebuah pesan yang dirilis tahun 1914 untuk eksperimen ilmiah yang ditemukan 99 tahun kemudian. (Dsu/rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini