Sukses

Perbatasan AS-Meksiko Dijadikan Lokasi Pertandingan Bola Voli

Pertandingan bola voli yang disebut "Wallyball" jadi bukti nyata bahwa Amerika dan Meksiko dapat bekerja sama menikmati waktu mereka.

Liputan6.com, Perbatasan AS-Meksiko Perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko merupakan perbatasan negara tersibuk di dunia. Area ini dijaga ketat oleh polisi dengan peraturan-pengaturan yang super ketat.

Tak disangka ada sebuah event yang mengasyikkan digelar di perbatasan tersebut. Event tersebut bernama Wallyball, sebuah acara tahunan yang digelar di Naco, Arizona bagian Amerika Serikat dan Naco, Sonora bagian Meksiko.

Setiap bulan April, tim dari masing-masing sisi pembatas bertanding dalam lomba versi bola voli yang agak berbeda, dilansir Quartz. Event ini disebut Fiesta Bi-Nacional yang bertujuan untuk memperkuat hubungan antara negara Amerika dan Meksiko.

Wallyball telah menjadi bagian dari Fiesta Bi-Nacional sejak 1979, dan telah memberikan inspirasi untuk membuat acara serupa di sepanjang perbatasan Amerika dan Meksiko. Sejak itu pelancong dari San Diego, Amerika Serikat dan Tijuana, Meksiko telah mengikuti kompetisi ini di pantai berpasir di mana kedua negara bertemu di Samudra Pasifik. 

 

“Bagi kami, ini merupakan perayaan hubungan antar dua negara,” ungkap Jose Lorenzo Villegas, walikota Naco, Meksiko dikutip Reuters pada tahun 2007 lalu.

“Uniknya, peserta dari Meksiko dan AS bermain di negara masing-masing, dan hanya dipisahkan oleh pagar,” tambahnya.

Batasan negara Amerika Serikat dan Meksiko sering menjadi sumber dari kisah kelam dan menakutkan, namun Wallyball merupakan bentuk kerja sama antar kedua sisi pembatas. Meskipun kedua negara saling bertanding dalam event ini, asal-usul tidak menjadi persoalan tapi kesenangan yang dapat diraih dengan mengesampingkan perbedaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.