Sukses

Terungkap Sudah Misteri di Balik Senyuman Mona Lisa

Misteri lukisan Mona Lisa yang begitu terkenal di penjuru dunia mengungkap hal baru belum lama ini.

Liputan6.com, Inggris Misteri lukisan Mona Lisa yang begitu terkenal di penjuru dunia mengungkap hal baru belum lama ini.

Dilansir dari NationalPost, peneliti dari Inggris mengklaim bahwa mereka telah berhasil memecahkan misteri dibalik senyuman Mona Lisa, dengan melakukan perbandingan dengan karya Leonardo Da Vinci lainnya.

Para peneliti menemukan sebuah petunjuk menarik setelah melakukan analisa terhadap lukisan La Bella Principessa, yakni gambaran seorang putri bangsawan Milanese. Petunjuk itu terkait dengan gaya seniman Renaissance tersebut melukis Mona Lisa sedemikian rupa. Dari satu titik lukisan Mona Lisa terlihat tersenyum, namun jika dilihat dari dekat Mona Lisa terlihat hanya mengerutkan bibirnya sehingga memunculkan kesan sedih.

dari jauh tampak tersenyum, tapi setelah didekati Mona Lisa terlihat mengerutkan bibirnya sehingga memunculkan kesan sedih.

Para peneliti dari Sheffield Hallam University meyakini Da Vinci telah memberikan efek khusus yang sama pada kedua lukisan, menggunakan efek “Sfumato” yang berarti lembut atau pucat di Italia. Warna halus dan nuansa sekitar mulut memberikan ilusi optik yang cerdas. Jika fokus pada mata, bibir akan terlihat miring ke atas dalam senyum yang terbilang tentatif. Tapi jika kita melihat langsung ke mulut akan terlihat datar.

Para relawan yang terlibat dalam eksperimen ini mengatakan baik lukisan Mona Lisa dan La Bella Principessa tampak tersenyum bila dilihat dari kejauhan atau ketika dilihat dengan pandangan kabur.(Dsu/rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini