Sukses

Baca Buku di Angkot, Penumpang Gratis Ongkos

Ia pun mengajukan ide tersebut kepada walikota Bucharest yakni Emil Boc, yang kemudian diposting ke Facebook.

Liputan6.com, Bucharest - Sebagai orang yang gemar membaca buku, Victor Miron pun membuat sebuah ide unik agar masyarakat di sekitarnya tertular oleh hobinya itu. Ia pun menggagas ide bagi mereka yang membaca buku di angkutan umum (angkot) selama perjalanan, gratis ongkos transportasinya.

Aksi itu dibuat oleh Miron dengan tujuan untuk mengajak lebih banyak orang supaya membaca buku di transportasi umum. Ia pun mengajukan ide tersebut kepada walikota Bucharest yakni Emil Boc, yang kemudian diposting ke Facebook. Demikian dilaporkan Independent.co.uk, pada Selasa (25/8/2015).

Tentu saja, idenya tersebut mendapat respons yang baik. Setahun kemudian, tepatnya pada 4 Juni hingga 7 Juni 2015, aksi itu dilakukan di Cluj Napoca, Rumania.

"Lebih baik mempromosikan membaca dengan memberikan hadiah kepada mereka yang membaca, daripada mengkritik orang-orang yang tidak membaca buku," kata Miron kepada Bored Panda.

Miron juga menyelenggarakan kampanye lainnya untuk mempromosikan membaca, yakni Bookface. Setiap orang yang mempunyai gambar buku di foto profil Facebook milik mereka, bisa mendapatkan diskon di berbagai tempat. Mulai dari toko buku hingga salon rambut, serta praktek dokter gigi.

Kampanye unik agar gemar membaca buku. (Independent.co.uk)

Selain itu, orang-orang yang membawa buku juga bisa mengunjungi Botanical Garden secara gratis, pada 23 April yang merupakan Hari Buku Sedunia.

Saat ini, aksi untuk meningkatkan budaya membaca buku tersebut kerap kali dilakukan beberapa orang. Seperti seorang fotografer asal Slovakia bernama Jakub Pavlovsky, yang melakukan aksi bernama 'Book's Calling'. Ia memposting foto dirinya sendiri yang tengah membaca buku di mana pun ia berada. (Baca: 'Book Calling', Ide Cemerlang sang Kutu Buku Menularkan Hobi) 

Ada pula sebuah salon yang turut memberikan layanan gratis bagi anak-anak, jika mereka membaca buku saat rambutnya dipotong.  (Baca:Kreatif, Bayar Potong Rambut Anak dengan Baca Buku)

Semoga dengan artikel ini bisa menginspirasi kalian agar lebih senang membaca buku ya.

(Frederica/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini