Sukses

Pasukan Korsel-Korut Siaga Perang

Perselisihan kedua negara beberapa hari terakhir bermula tatkala Korsel mengarahkan siaran propaganda ke wilayah Korut di perbatasan.

Liputan6.com, Seoul - Beberapa jam menjelang tenggat ultimatum Korea Utara terhadap siaran propaganda Korea Selatan, militer Korut dilaporkan berada dalam kondisi siaga perang. Di sisi lain, Korsel menyatakan siap merespons langkah Korut.

Angkatan Darat Korea Utara (KPA) menyatakan pasukan garis depan berada dalam keadaan bersenjata lengkap, siaga perang sesuai dengan keinginan Kim Jong-un menjelang tenggat ultimatum pada Sabtu ini.

"Situasi yang saat ini mencapai permulaan perang, sulit dikendalikan," kata Kementerian Luar Negeri Korut seperti dikutip dari BBC, Sabtu (22/8/2015).

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengutip sebuah sumber militer yang menyebutkan Korut telah memobilisasi unit artileri ke dekat perbatasan. Diduga unit artileri itu disiapkan untuk menyerang 11 pengeras suara yang memutar siaran propaganda ke arah perbatasan Korut.

Akan tetapi, pemerintah Korsel menyatakan akan melanjutkan siaran tersebut. "Kami siap merespons dengan kuat setiap provokasi Korea Utara," kata juru bicara Kantor Kepresidenan Korsel.

Pernyataan itu sejalan dengan sikap Presiden Korsel Park Geun-hye yang mengenakan seragam militer dalam siaran langsung televisi, Jumat 21 Agustus kemarin. Dia menyampaikan kepada komandan militer Korsel bahwa aksi provokasi Korut tidak akan ditoleransi.

Berbarengan dengan itu, 4 pesawat jet F-16 milik militer Amerika Serikat dan 4 pesawat jet F-15 K milik Korsel mensimulasikan serangan pengeboman yang dimulai dari pesisir timur Korsel ke pangkalan militer AS di Osan, dekat Seoul.

Warga Sipil Diungsikan

Koresponden BBC di Seoul mengatakan posisi kedua negara tersebut lebih serius dari biasanya. Bahkan, semua warga sipil di wilayah perbatasan Korsel telah diungsikan.

Perselisihan kedua negara selama beberapa hari terakhir bermula tatkala Korsel mengarahkan siaran propaganda ke wilayah Korut di perbatasan. Siaran itu berisi buletin berita, perkiraan cuaca, dan musik.

Korut lalu menembakkan artileri di sepanjang perbatasan untuk memprotes siaran propaganda tersebut. Korsel kemudian membalas dengan menembakkan artileri ke wilayah Korut dekat perbatasan kedua negara. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un lantas memerintahkan pasukan garis depan pertahanan untuk siaga perang.

Korut memperingatkan bahwa akan menempuh aksi militer jika Korea Selatan tidak menghentikan siaran propaganda di perbatasan dan membongkar fasilitas siaran dalam kurun waktu 48 jam. Ultimatum itu akan mencapai tenggat pada Sabtu ini pukul 17.00 waktu Pyongyang.

Korut dan Korsel sejatinya masih dalam status berperang karena pertempuran antara keduanya pada periode 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, alih-alih kesepakatan damai. (Ado/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini