Sukses

Astaga, Lumba-lumba Jadi Mata-mata

Di tubuh seekor lumba-lumba yang tertangkap terpasang perlengkapan mata-mata.

Liputan6.com, Gaza, Palestina - Ketika manusia sedang bertikai, hewan pun bisa dilibatkan dengan segala cara. Kelompok Hamas di Jalur Gaza mengumumkan telah menangkap mata-mata Israel, yang tidak lain adalah seekor lumba-lumba yang dilengkapi dengan beberapa kamera dan alat-alat lainnya.

Sayap militer kelautan Hamas mengatakan bahwa hewan itu dipergoki di lepas pantai. Pihak yang berwenang di Israel belum mengeluarkan tanggapan. Belum jelas bagaimana keadaan hewan yang tertangkap pada Kamis lalu (20/08/2015) tersebut.

Menurut Al Quds, hewan tersebut dimaksudkan untuk membinasakan pasukan komando laut Qassam yang sedang berlatih di laut. Menurut pihak Hamas, lumba-lumba ini telah “dirampas kemauannya” dan dijadikan “pembunuh”.

Masih merujuk kepada Al Quds, Israel mengandalkan kendali sistem keamanan secara elektronik atas Jalur Gaza, misalnya dengan balon udara dan pesawat tanpa awak. Namun, rupanya lumba-lumba juga sudah sering dimanfaatkan. Menurut CNN, intensitas pertempuran di wilayah laut telah meningkat di tengah-tengah konflik Israel dan Hamas.

Dalam peperangan Israel dan Hamas tahun lalu, pasukan komando Hamas berhasil mendarat di pantai Zikim, di utara Gaza. Pada saat itu sempat terjadi tembak-menembak.

Tidak hanya lumba-lumba, hewan lain pun juga dijadikan mata-mata. Seekor merpati di India ditangkap polisi karena dicurigai sebagai mata-mata. (Alx/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.