Sukses

Tertib Buang Sampah, Langsung Dapat Koneksi Internet Gratis

Buanglah sampah pada tempatnya dan dapatkan akses WiFi gratis. Asyik!

Liputan6.com, India - Buanglah sampah pada tempatnya. Selain bermanfaat untuk menjaga kebersihan lingkungan, kini Anda juga bisa mendapatkan bonus atas tindakan terpuji itu.

Dilansir dari Firstport, dua orang pemuda asal India membuat cara unik untuk menjadikan lingkungan bersih, yakni menawarkan Wi-Fi gratis kepada siapa saja yang membuang sampah pada tempatnya.

Prateek Agarwal dan Raj Desai membuat Wi-Fi Trash Bin atau "Tong Sampah Wi-Fi". Ketika seseorang membuang sampah ke tempat sampah, benda tersebut akan memunculkan kode unik, yang dapat digunakan untuk mengakses Wi-Fi secara cuma-cuma. Asyik!

Dua pria yang belajar pemrograman secara otodidak ini menyadari bahwa kebersihan lingkungan memerlukan perubahan sikap dari setiap individu. Dengan layanan unik ini, diharapkan akan menggerakkan banyak orang untuk membuang sampah pada tempatnya.

Ide brilian ini berawal ketika dua orang asal Mumbai, India itu menghadiri sebuah acara festival musik.

"Kami butuh enam jam untuk menemukan teman-teman kami. Karena tidak ada jaringan, kami tidak bisa menjangkau mereka melalui telepon. Itulah yang memicu ide ini, dan kami pikir mengapa tidak memberikan Wi-Fi gratis bagi orang yang menggunakan hotspot," tambah Prateek.

Dibantu operator MTS, mereka kemudian melakukan uji coba di berbagai acara festival musik serupa yang diselenggarakan di Bangalore, Kolkata, serta Delhi. Dengan dana sendiri, mereka sukses menerapkan langkah inovasinya di acara di kota-kota tersebut. Hebat. (Dsu/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.