Sukses

Cerita Paus Cerdas Minta Pertolongan Nelayan di Laut

Setelah meminta tolong kepada nelayan untuk melepas plastik dari mulutnya, paus yang juga menjadi objek selfie itu 'melambaikan' siripnya.

Liputan6.com, Sydney - Selain lumba-lumba yang dikenal sebagai hewan laut yang cerdas, ada juga paus yang tak kalah pintarnya lho. Baru-baru ini, seekor paus memperlihatkan kecerdasannya saat meminta bantuan kepada nelayan di Australia.

Dilansir dari Dailymail yang dimuat Minggu (16/8/2015), mamalia laut berukuran besar itu seolah-olah ingin menarik perhatian dengan mengikuti perahu para nelayan muda di Middle Harbour, sebelah utara Sydney, Australia. Mereka melihat si paus mengitari perahu, berenang di bawahnya.

Si paus lalu meminta bantuan mereka untuk mengeluarkan sampah plastik dan tali pancing yang tampak terjebak di mulutnya.

Ivan Iskenderian, sang pahlawan, menunjukkan sampah yang berhasil disingkirkannya [source: telegraph.co.uk]

Salah satu dari nelayan itu, Ivan Iskenderian, kemudian melepaskan kedua benda yang tampaknya cukup mengganggu pergerakan si paus malang tersebut. Di waktu yang hampir bersamaan, Michael Riggio (17), salah seorang rekan Ivan, melakukan beberapa selfie dengan si paus, sementara Ron Kovacs merekam adegan itu.

Paus cerdas berpose saat nelayan muda, Michael Riggio (17), berselfie dengannya

Tak lama kemudian, paus itu mengepakkan siripnya dan pergi menjauh -- tampak seperti melambaikan tangan seraya mengucapkan terima kasih.

"Itu benar-benar mengejutkan. Bahkan kami sulit mempercayainya," ujar Ivan.

"Dia hanya memunculkan kepalanya sehingga Anda bisa menjangkauanya dan melepaskan sampahnya. Dia mencoba menggapai kami, tapi perahu kami terlalu tinggi," tambah Ron. (Dsu/Tnt) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.