Sukses

Pria Ini Gunakan Program Komputer untuk Menangkan 1000 Kontes

Seorang pria yang bekerja sebagai insinyur elektro menciptakan program komputer sehingga memenangkan hampir 1000 kontes di Twitter.

Liputan6.com, Schaumburg, Illinois Seorang insinyur elektro menggunakan kemampuannya untuk menciptakan perangkat lunak otomatis, dikenal sebagai bot, untuk pemakaian di media Twitter. Dengan bot tersebut, Hunter Scott dapat mengenali kicauan yang menyerukan kepada pengguna untuk me-retweet sejumlah kontes yang akan dimenangkan oleh pelaku retweet terbanyak.

Bukan hanya itu, bot tersebut bahkan dapat mem-follow orang atau perusahaan yang mengiklankan kontes jika memang dipersyaratkan. Menurut insinyur itu, ia sudah memenangkan hampir 1000 kontes, termasuk yang hadiahnya sekedar gambar-gambar untuk ditampilkan dalam permainan atau profil YouTube.

Dari NPR disebutkan bahwa sejumlah hadiahnya antara lain kartu hadiah (gift card), tiket konser atau bioskop, langganan Spotify gratis selama setahun, alas tetikus Kentucky Derby, dan paket hadiah Godzilla yang terdiri dari kaos dan topi. Ia bahkan pernah memenangkan topi Mexico dari seorang pesohor yang tidak pernah dikenalnya. Menurutnya, ini membuktikan bahwa proses menangnya memang acak (random).

Seorang insinyur elektro ciptakan bot untuk menang kontes di Twitter

Menurutnya, hadiah termahal yang pernah dimenangkannya adalah jasa tumpangan limosin senilai 56 juta rupiah dan kupon belanja selama New York Fashion Week. Keduanya tidak diambilnya karena ia tinggal di negara bagian Illinois, bukan di negara bagian New York.

Hunter Scott mengatakan bahwa ia mengikuti  165.000 kontes dan hanya memenangkan 984 di antaranya. Ini setara dengan angka keberhasilan sebesar 0,6 %. Memang cukup kecil.

Namun demikian ia mengaku membayar pajak atas segala sesuatu yang dimenangkannya. Sekarang, ia berniat menciptakan suatu bot lain untuk retweet penggalangan dana untuk amal. (Alx/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini