Sukses

Reuni Ibu dan Bayinya Setelah 71 Tahun

"Tak pernah aku bayangkan bisa bertemu dan memeluknya,"

Liputan6.com, Roma Perempuan 92 tahun itu akhirnya bertemu dengan bayi yang dilahirkannya 71 tahun lalu. Ia berasal dari Novellara, sebuah desa kecil di utara Italia. Saat Perang Dunia II, ia bekerja di Jerman dan hamil oleh seorang tentara yang telah beristri.

Setelah ia melahirkan anak perempuan, keluarga si tentara ini mengambil bayinya --yang kemudian diberi nama Margot Bachmann-- dan membesarkannya di Jerman.

Dari kecil, Margot selalu diberi tahu bahwa ibunya yang berasal dari Italia telah tewas karena perang. Ia tidak pernah diperbolehkan bertanya soal perempuan yang melahirkannya.

Namun, saat ayahnya meninggal tahun lalu, Margot kini 71 tahun, memutuskan untuk mencari ibunya lewat International Tracing Service atau ITS.

ITS adalah sebuah institusi yang dibuat oleh Jerman untuk mendokumentasikan segala peristiwa dan orang-orang yang terlibat Perang Dunia II. Dengan bantuan Palang Merah Italia, ITS berhasil menemukan ibu kandung Margot yang ternyata masih hidup. Keduanya akhirnya bertemu setelah 71 tahun terpisah.

"Ketika aku terus mencari tahu tentang ibuku, tak pernah kubayangkan akhirnya pada suatu hari aku bertemu dan memeluknya," kata Margot kepada koran Il Quotidiano seperti dikutip Guardian (11/8/2015).

"Ayahku selalu melarangku mencari tahu tentang ibu kandungku. Namun, setelah kematiannya, dan terima kasih juga kepada anak perempuanku, akhirnya aku menemukannya," tutur Margot dengan bahagia.

Laura Bastianetto, juru bicara Palang Merah Italia mengatakan bahwa reuni ini adalah sebuah keajaiban kecil.

"Biasanya cerita-cerita Perang Dunia II adalah reuni saudara yang terpisah, namun kali ini, adalah sebuah peristiwa langka di mana anak dan ibu akhirnya bertemu setelah 71 tahun," ujar Laura terharu. (Rie/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini