Sukses

Uji Coba Roda Raksasa `iWheel` dari Kardus Komputer

Mahasiswa di Oregon ciptakan roda raksasa dari susunan kardus bekas iMac.

Liputan6.com, Newberg, Oregon Ketika mahasiswa dan dosen sedang kreatif, ada-ada saja benda yang mereka ciptakan, baik yang serius maupun sekadar lelucon. Beberapa orang dari Jurusan Teknologi Informasi di George Fox University menuangkan kreativitas mereka dengan menciptakan roda besar terbuat dari 36 kardus komputer. Karena terbuat dari kardus-kardus bekas iMac, merekapun menamakan roda besar ini “iWheel”.

Sebagai akibatnya, Mike Campadore, administrator sistem di George Fox University di Oregon menjadi terkenal di internet karena iWheel ciptaan timnya. Gambar iWheel itu bahkan sempat terpampang di laman depan Reddit.

Pihak universitas kemudian mengunggah video YouTube yang berkisah tentang Mike Campadore dan teman-temannya yang bergantian menggunakan roda raksasa itu.

Secara teknis, dijelaskan bahwa iWheel itu memiliki tinggi hingga 2,7 meter dan berat lebih dari 54 kilogram. Pria itu memerlukan waktu sekitar 4 jam untuk membuatnya.

Pihak universitas memberikan penjelasan dalam blog mereka, “Mike Campadore berangan-angan mempercanggih iWheel dengan rel pipa plastik yang memungkinkannya memasang kursi berputar dalam alat tersebut. Dan, jika ia bisa meneruskannya, ia ingin membuatnya bermesin roket.”

Rekaman video ini dilakukan oleh Megan Fox dari George Fox University. Suatu saat, mungkin ini bisa jadi alternatif transportasi di jalan raya. (Alx/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.