Sukses

Skateboard Melayang Pertama di Dunia

Papan luncur (skateboard) ini diciptakan tanpa roda dan bergerak mengambang tanpa menyentuh permukaan tanah.

Liputan6.com, Barcelona, Spanyol Sebuah perusahaan mobil mewah terkemuka dari Jepang menyokong terciptanya skateboard yang mengambang. Perusahaan itu merilis sebuah tayangan pendek yang menampilkan pemain papan luncur (skateboarder) profesional, Ross McGouran, untuk mengendarai papan itu. Papan melayang (hoverboard) itu sendiri menggunakan teknologi apung magnetik (magnetic levitation) yang sebetulnya sudah dipakai pada sistem kereta cepat.

Peseluncur itu sendiri melakukan aksinya di suatu taman yang dibuat secara khusus dengan latar belakang pemandangan yang luar biasa. Taman itu nampak seperti taman seluncur biasa dengan jalur magnetik tersembunyi sepanjang 200 meter di bawah permukaannya. Walaupun begitu, cara kerjanya masih dirahasiakan oleh perusahaan yang merilis tayangan ini.

Selama ini, perusahaan itu sudah menyingkapkan sedikit demi sedikit tentang papan melayang ciptaan mereka. Secara teoritis, perusahaan itu mengatakan bahwa papan melayang mereka memiliki dua wadah pendingin yang menyimpan bahan penghantar super (superconductor) dalam rendaman nitrogen cair pada suhu sangat dingin -197° C. Sesuai dengan kaidah fisika, bahan itu dapat melayang di atas permukaan bermagnet.

Dengan kontrol yang tepat, Ross McGouran telah menunjukkan peralatan masa depan. Dalam keterangan video YouTube yang diunggah Lexus UK ini, Ross McGouran mengatakan, “Saya telah main skateboard selama 20 tahun, tapi, dengan ketiadaan gesekan, saya seperti belajar ketrampilan yang sama sekali baru, terutama soal berdiri dan kesetimbangan yang diperlukan untuk mengendarai papan melayang itu.”

Gagasan untuk menciptakan papan melayang bukanlah hal yang baru dan sudah pernah ditayangkan dalam film Back to the Future II ketika Marty McFly mengendarai kendaraan serupa. Kita sudah tiba di masa depan! (Alx/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini