Sukses

Top 3: Perhatian Media Dunia pada Peradilan Ahok

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali menyedot perhatian media dunia. Setelah beberapa peristiwa demo jalanan, kali ini suasana batin Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama di persidangan menjadi perhatian dunia. Reaksi dunia pun paling dibaca di kanal Global Liputan6.com pada Rabu (14/12/2016) sore.

Selain suasana batin di pengadilan Jakarta, suasana mencekam di Aleppo, Suriah, juga mengundang perhatian pembaca.

Suasana batin warga kota itu juga seakan menjadi ucapan tinggal, ketika pertempuran hebat melanda Aleppo.

Terakhir, kabar naiknya Sultan Muhammad V  ke takhta kerajaan Malaysia juga menarik perhatian pembaca. Setelah menunggu 37 tahun, rakyat Kelantan akhirnya bisa menyaksikan pemimpin mereka menjadi Raja Malaysia.

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya:

 

1. Tangis Ahok di Ruang Sidang Curi Perhatian Dunia

Media asing menyoroti tangisan Ahok di sidang pertama dugaan kasus penistaan agama. (CNN/BBC)

Dalam persidangan pertama kasus dugaan penistaan agama, Selasa, 13 Desember 2016, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terlihat menangis saat menceritakan orangtua angkatnya dalam nota pembelaan. Ternyata persidangan kemarin bertepatan dengan hari peringatan kematian orangtua angkatnya.

"Kemarin itu persis 19 tahun ayah saya meninggal, sementara saya duduk disidang menista agama Bapak saya," kata Ahok di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 14 Desember 2016.

Air mata Ahok pun lantas menjadi sorotan dunia, melalui pewarta asing yang menghadiri sidang tersebut.

Media Inggris BBC dalam artikel bertajuk Indonesia blasphemy case: Emotional scenes as Ahok trial begins menyebut ada adegan emosional di pengadilan pada hari pertama sidang kasus dugaan penistaan gubernur non-aktif Jakarta, seorang umat Kristiani keturunan China.

Selanjutnya...


2. Bak Menanti Ajal, Warga Aleppo Kirim 'Pesan Terakhir' pada Dunia

Salah satu warga Aleppo yang mengirimkan pesan terakhir, Salah Ashkar (Twitter/@SalahAshkar)

Warga Suriah di Aleppo timur mengucapkan pesan "selamat tinggal" saat pasukan pemerintah mulai mengepung wilayah yang dikuasai oleh pemberontak. Ribuan warga sipil terjebak di tengah-tengah situasi yang disebut oleh juru bicara PBB sebagai krisis kemanusiaan.

"Ini mungkin akan menjadi video terakhir saya. Lebih dari 50.000 warga sipil yang memberontak terhadap diktator al-Assad terancam dieksekusi atau sekarat di bawah pengeboman," ujar aktivis di Aleppo timur, Lina Shamy, dalam sebuah video yang ia bagikan di Twitter.

Dikutip dari CNN, Rabu 14 Desember 2016, pasukan rezim Bahsar al-Assad telah mengambil alih banyak wilayah di Aleppo timur yang telah dikuasai oleh pemberontak selama empat tahun.

Selanjutnya...


3. Mantan Ipar Artis Manohara Jadi Raja Baru Malaysia

Sutan Kelantan dinobatkan sebagai Raja ke-15 Malaysia (AP)

Malaysia punya raja baru. Sultan Muhammad V yang berasal dari negara bagian Kelantan dinobatkan sebagai kepala negara ke-15 negeri jiran dengan gelar Yang di-Pertuan Agong.

Upacara penobatan digelar di Istana Negara, Selasa, 13 Desember 2016. Sultan Muhammad V mengenakan pakaian kebesaran Melayu. Sang raja juga memeriksa pasukan pengawal. Tembakan salvo sebagai bentuk penghormatan ditembakkan dari 21 senapan.

Seperti dikutip dari situs The Malay Mail, setelah menunggu 37 tahun, rakyat Kelantan akhirnya bisa menyaksikan pemimpin mereka menjadi Raja Malaysia.

Selanjutnya...

Artikel Selanjutnya
26-06-1995: Kudeta Tak Berdarah Gulingkan Emir Qatar Pro-Saudi
Artikel Selanjutnya
Mesir Serahkan 2 Pulau Sengketa ke Arab Saudi