Sukses

Beginilah Nasib Burger dalam Lambung Manusia

Seindah apapun rupanya, setiap makanan akan bernasib sama dalam perut kita.

Liputan6.com, Nottingham, Inggris Sebuah percobaan kimia dilakukan oleh para peneliti University of Nottingham untuk menjelaskan apa yang akan terjadi pada sepotong burger ketika masuk dalam lambung manusia. Sebagai catatan, tayangan lawas 'Periodic Videos' ini kemudian diproduksi oleh seorang wartawan, Brady Haran, yang kemudian menunggahnya ke YouTube.

Percobaan ini sendiri bukan dilakukan dengan mengintip secara langsung ke dalam lambung manusia, melainkan dengan menggunakan wadah berisi cairan kimia asam hidroklorik (hydrochloric acid, yang dikenal dengan rumus kimia HCl).

Asam hidroklorik memiliki peran di bagian awal sistem pencernaan dan bertugas mengurai makanan yang masuk dalam lambung menjadi unsur-unsur yang nantinya akan dipakai sebagai energi, memperbaiki sel, atau bahkan diubah jadi lemak tubuh.

Cairan asam hidroklorik adalah cairan kimia yang ada dalam lambung setiap manusia dan memegang peranan penting dalam sistem pencernaan manusia. Karena keberadaannya dalam lambung, cairan kimia ini sering disebut juga dengan 'asam lambung'.

Percobaan ini dilakukan dengan menggantungkan sepotong burger keju dan mencelupkannya dalam wadah berisi cairan asam hidroklorik. Dalam percobaan ini, cheeseburger tersebut direndam selama 3,5 jam. Penampilan makanan yang sebelumnya terlihat enak itu berubah menjadi gumpalan yang tampak menjijikan.

Sang peneliti dalam percobaan ini mengamati bahwa lemak yang ada dalam cheeseburger itu tidak meluruh seluruhnya. Namun, ia segera menjelaskan bahwa keadaan pencernaan dalam lambung sesungguhnya memiliki kandungan zat kimia yang lebih lengkap dari sekedar asam hidroklorik, yaitu berbagai enzim dan ditambah gerakan-gerakan otot pencernaan.

Ada beberapa komentar yang mempertanyakan mengapa harus menggunakan sepotong burger keju dalam percobaan tersebut. Namun, ada juga penonton yang menjelaskan bahwa proses peluruhan seperti dalam tayangan percobaan tersebut tidak hanya terjadi pada burger keju, karena setiap makanan yang masuk dalam lambung manusia pasti mengalami proses peluruhan yang serupa.

Perhatian. Cairan kimia asam hidroklorik merupakan zat kimia yang sangat korosif dan dapat mencederai tubuh manusia. Bahkan uapnya saja dapat `membakar` paru-paru. Jangan meniru percobaan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.