Sukses

Diciptakan Robot yang Bisa Melompat di Air

Bukan hanya berjalan, robot ini dirancang agar bisa melompat di air.

Liputan6.com, Seoul, Korea Ninja punya jurus berjalan di atas air. Kini, ilmuwan ingin merekreasi kisah itu dengan robot.

Menurut studi yang diterbitkan di Science Magrobot tersebut bahkan bisa melompat di permukaan air. Tim riset dari Universitas Seoul menciptakan robot berukuran ringan setelah mempelajari gerak gerik serangga yang mampu berjalan di air, bagaimana mereka bisa menekan permukaan air tanpa jatuh, menurut Vocativ.

Walau desain robot tidak memiliki aplikasi yang sungguhan dan praktis saat ini, ini akan memberikan kontribusi dalam bidang robotik lunak yang kian berkembang, yang terinspirasi dari organisme lentur seperti gurita dan bintang laut.

Sesungguhnya, tidak sesulit itu membuat robot bisa melompat. Sudah ada robot yang mampu melakukannya, yaitu Spring-bots dan Robo-Cheetas. Bahkan robot pendidikan Robo-Fleas pun bisa melakukannya. Namun, membuat robot yang mampu melompat di permukaan air jauh lebih rumit. Pada umumnya, Anda tidak bisa melompat tanpa menekan permukaan air. Saat permukaan melompat itu air, menekan berarti menyelam, di sinilah masalahnya.

Beberapa jenis serangga, dalam evolusinya mengembangkan mekanisme tertentu untuk melakukannya. Untuk mempelajari bagaimana serangga itu melompat di permukaan air tanpa tenggelam, tim riset merekam dengan kamera berkecepatan tinggi, dan dengan hati-hati mempelajari gerak-gerik mereka. Diketahui bahwa serangga pejalan-air menyeret kaki mereka ke belakang untuk mempertahankan diri di atas permukaan air, namun kaki mereka juga berakselerasi secara bertahap sehingga tidak kehilangan keseimbangan di air sampai waktu mereka melompat. Alam memang guru yang luar biasa. (Ikr/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini