Sukses

Ini Cara NASA Eksperimen Kamera di Ruang Angkasa

Bagi NASA, rekaman 'bola' air yang tampaknya sepele merupakan bukti keberhasilan mereka.

Liputan6.com, International Space Station Uji kemampuan kamera berteknologi tinggi memerlukan sejumlah cara untuk menjajal cara kerjanya. Demikianlah yang dilakukan oleh Terry Virts, seorang antariksawan NASA yang menjajal kemampuan kamera RED Epic Dragon yang baru saja dipasang di International Space Station (ISS).

Dalam video YouTube unggahan akun ReelNASA tersebut terlihat sang antariksawan meluruhkan tablet penyerap asam (antacid) ke dalam ‘bola’ air yang mengambang. Sebagai catatan, dalam keadaan tanpa gravitasi, cairan akan mengumpul menjadi ‘bola’ yang mengambang. Kamera baru itu sendiri disebut-sebut mampu merekam dengan resolusi hingga empat kali kamera definisi tinggi (high definition, HD) biasa.

Dalam tayangan itu terlihat tablet obat asam lambung itu meletupkan percikan-percikan kecil cairan dari bola utama. Bagi NASA, hal yang sepele ini merupakan bukti keberhasilan, seperti diungkapkan oleh Rodney Grubbs, manajer program pakar pencitraan di Marshall Space Flight Center di kota Huntsville, Alabama.

Katanya, “Hal ini merupakan lompatan besar dalam teknologi penerbangan angkasa.” Ia melanjutkan, “Kamera-kamera ini memliki sejumlah sensor yang mampu menangkap resolusi sangat tinggi pada kecepatan bingkai yang tinggi pula.”

Dalam penjelasan video ini, NASA juga menyarankan untuk mencoba resolusi 2160p 4k pada setelan YouTube untuk bisa menyaksikan tayangan ini dalam resolusi video yang sangat tinggi itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.