Sukses

Hebat, Remaja 15 Tahun Kuliah S3

remaja kelahiran Februari tahun 2000 itu bersiap menjadi mahasiswa termuda untuk jenjang S3 (foto: indiatimes.com)

 

Liputan6.com, India Berasal dari keluarga sederhana, remaja berusia 15 tahun bernama Sushma Verma telah berhasil mengangkat derajat keluarganya berkat prestasi yang ia ukir. Belum genap 17 tahun, bocah jenius dari India ini tak sekadar berhasil menyelesaikan studi pasca sarjananya dalam waktu yang sangat cepat, namun juga dengan hasil terbaik.

Dilansir dari Hindustan Times, Sabtu, (25/7/2015), saat ini, remaja kelahiran Februari 2000 itu bersiap menjadi mahasiswa termuda untuk jenjang S3 dan melakukan penelitian di bidang mikrobiologi lingkungan di Babasaheb Bhimrao Ambedkar University (BBAU) di Lucknow.

"Saya sangat bahagia mencapai prestasi ini. Ini merupakan prestasi yang sangat besar. Saya berutang budi kepada Prof RC Sobti, wakil rektor universitas, yang selalu mendukung saya dalam mencapai ini," kata Sushma.

Sushma Verma tak sekedar menyelesaikan S2 dalam waktu yang sangat cepat, namun juga dengan hasil  terbaik. (foto: indiatimes.com)

Kepala Dekan jurusan mikrobioligi lingkungan mengatakan setidaknya hanya ada 7 kursi untuk mahasiswa berprestasi yang mendapat beasiswa Universitas. Kini 4 kursi telah terisi dan salah satu kursi itu milik Sushma.

"Kami bangga dengan prestasinya. Kami harus memberi dukungan penuh dan memberikan yang terbaik untuknya. Ia adalah anak yang istimewa. Ia sangat berprestasi di usianya yang masih sangat belia," ujar Wakil Rektor Profesor RC Sobtiseperti

Sushma Verma diantar sang ayah ke kampus (foto: thebetterindia.com)

Sushma berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya, Tej Bahadur, bekerja di Universitas sebagai petugas kebersihan kamar mandi. Sementara ibunya, Chaya Devi, adalah seorang ibu rumah tangga. Terhadap prestasi gemilang putrinya, sang ayah sampai tak bisa berkata-kata untuk mengungkapkan kebahagiaannya selain bersyukur pada Tuhan. "Saya buta huruf dan tidak bisa membimbing anak-anak," ujar Bahadur.

Menurut laporan yang ada, pada usia 5 tahun Sushma telah terdaftar sebagai siswa kelas IX di Sekolah St Meera's Inter-College. Ia juga telah menyelesaikan studinya di kelas X hanya dalam waktu 3 bulan saja. Di usianya yang ke 13, remaja cerdas ini telah berhasil lulus sarjana (S1).  (Dsu/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.